Polres Kupang Terjunkan 500 Personil Amankan Pemilu 2024

Polres Kupang Terjunkan 500 Personil Amankan Pemilu 2024
Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H menyematkan bed pengamanan TPS saat Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

tribrtanewskupang.com,---Kepolisian Resor Kupang menerjunkan 500 personil mengamankan jalannya pemilihan umum tanggal 14 Pebruari 2024 diwilayah hukum Polres Kupang. Kesiapan personil yang akan melaksanakan jalannya Pemilu ini diawali dengan Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang digelar di Lapangan Apel Polres Kupang, Senin (12/2) pagi.

Apel yang dipimpin Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H diikuti seluruh personil Polres Kupang baik perwira maupun bintara Polres Kupang ditambah 21 personil Bawah Kendali Operasi (BKO) Brimobda Polda NTT. 

Dalam amanatnya Kapolres Agung menguraikan jumlah personil yang akan melakukan pengamanan TPS sebanyak 360 personil dibantu 2.152 Linmas yang tersebar pada 24 kecamatan dengan jumlah 1.076 tps dengan rincian 927 tps kurang rawan, 107 tps rawan dan 42 tps sangat rawan.

Lebih lanjut AKBP Agung menjelaskan bahwa pola yang digunakan dalam pengamanan tps tahun ini dirinci sebagai berikut untuk tps kurang rawan dijaga 2 Polisi dan 24 linmas untuk amankan 11 tps atau 169 Polisi dan 1854 linmas mengamankan 927 tps kurang rawan. Sedangkan untuk tps rawan dijaga 2 Polisi dan 4 linmas untuk amankan 2 tps atau 107 Polisi dan 214 Linmas mengamankan 107 tps. Untuk tps sangat rawan dijaga 2 Polisi dan 2 linmas atau 84 Polisi dan 84 linmas untuk mengamankan 42 tps.

Sebelum mengakhiri amanatnya, mantan Kapolres Sumba Barat ini pun mengharapkan agar semua personilnya tetap mengharapkan keberanian, profesionalisme dan berkomitmen agar apapun halangan yang dihadapi  demi terwujunya Pemilu 2024 yang damai aman dan lancar.

" Kodisi geografis wilaya kita serta potensi bencana yang sering terjadi seperti banjit, tanah longsor dan jembatan putus, saya yakin dengan keberanian, profesionalisme, serta komitmen kita, kita dapat mengatasi semuanya dengan baik, " harapnya.

Lebih lanjut Kapolres Agung meminta agar anggotanya harus mampu bekerja sama dengan semua pihak dan  juga kelompok penyelenggara pemilu serta tetap jaga netralitas. 

Bertindak sebagai Perwira upacara dalam upacara tersebut adalah  Kabagops Polres Kupang AKP Made Kumara, dan komandal apel adalah Samuel Christian Saduk.

Usai menggelar apel, sidokes Polres Kupang menggelar pemeriksaan kesehatan bagi personil yang akan melaksanakan pengamanan tps.#Ss