Laga Perebutan Debut Olimpiade Indonesia U-23 Vs Uzbekistan U-23

Laga Perebutan Debut Olimpiade  Indonesia U-23 Vs Uzbekistan U-23
Meme : Bola Sport.com

Bangsa Indonesia patut merasa bangga atas lolosnya Tim Nasional Indonesia U-23 ke putaran Semifinal dalam turnamen Piala Asia U-23 dan akan bertemu Tim kuat lainnya yaitu Timnas Uzbekistan. Timnas Indonesia U-23 menyingkirkan salah satu raja Asia Tim Nasional Korea Selatan U-23 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha Qatar, dengan drama tos-tosan setelah bermain imbang 2-2, Tim besutan Shin Tae Yong sendiri merupakan tim debutan dalam turnamen ini. Dalam sejarah pertemuan kedua Timnas ini tercatat 7 kali bertemu sejak tahun1991 dan Timnas Korea Selatan U-23 mendominasi hingga pada tahun 2024 tepatnya turnamen Piala Asia U-23 Timnas Indonesia U-23 mampu mematahkan dominasi Timnas Korea Selatan U-23.

Dalam partai lain antara tuan rumah Qatar vs Uzbekistan di Stadion Ramah Internasional berlangsung menarik karena pertandingan ini merupakan pertandingan tuan rumah yang dimenangkan oleh Timnas Uzbekistan U-23 dengan skor 2-0, Timnas Qatar U-23 sendiri  mengalahakan Timnas Indonesia U-23 dalam fase group dengan skor 2-0. Timnas Uzbekistan  U-23 dalam turnamen ini merupakan tim yang kuat dikarenakan pernah menjuarai ajang ini pada tahun 2018 mengalahkan Timnas Vietnam U-23 dengan skor 2-1 di Tiongkok dan runer up  pada tahun 2022 dikalahkan oleh Timnas Arab Saudi dan Uzbekistan sendiri menjadi Tuan Rumah.

Dari pertandingan msing-masing Tim, Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Uzbekistan U-23 jelas memiliki pebedaan dan memiliki kekuatan yang berbeda guna untuk memenangkan pertandingan itu, dan menyegel satu tiket langsung ke Olimpiade Paris 2024 yang akan dilkasanakan pada tanggal 26 Juli sampai tanggal 11 Agustus 2024. Timnas yang belaga dalam Olimpiade sendiri terdiri dari 16 Tim Nasional, dengan rincian satu Tim tuan rumah yaitu perancis. Selain Prancis, ada tiga negara Eropa yang lolos ke Olimpiade 2024,tiga negara tersebut adalah Spayol,Israel dan Ukraina yang merupakan peringkata tertinggi pada ajan Euro U-21. System yang sama Seperti Eropa, Afrika (CAF) juga punya tiga wakil pada putaran final Olimpiade 2023. Tiga wakil Afrika diambil dari ajang Piala Afrika U-23 2023 yakni Maroko, Mesir, dan Mali. Bagaimana dengan Asia (AFC), Timanas yang mendapatkan peringkat satu samapai tiga maka akan mendapatkan tiket langsung berada pada group Olimpiade sedang Timnas yang menadapkan peringkat ke empat maka melalui fase Play-of melawan peringkat empat sona Afika (CAF).

Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Uzbekistan memeliki peluang yang sama jika saling mengalahkan. Kedua Timnas ini belum pernah merasakan berajan di multi Eaven terbesar di dunia ini, mari kita lihat sejarah dari Uzbekistan, sebenarnya jika system saat ini yang diterapkan dalam kualifikasi Olimpiade saat ini maka Timnas Uzbekistan pernah merasakan turnamen multi eaven terbesar di dunia, karena Timnas Uzbekistan pernah merasakan juara Piala Asia U-23 pada tahun 2018 tetapi system pada waktuitu tidak sama, sehingga sampai saat ini Timnas Uzbekistan belum pernah merasakan berlaga pa Olimpiade.

Timnas Indonesia sendiri pernah merasaka Olimpiade pada format tim senior yaitu pada tahun 1956 di Melbourne, setelah format Olimpiade dirubah pada tahun 1992 dari format Timnas Senior menjadi Timnas U-23 Timnas Indonesia belum sama sekali merasakan turnamen sepak bola pada multi eaven terbesar di dunia ini.

Kedua tim tidak akan melepaskan partai ini, dikarenakan partai ini akan menghasilkan sejarah pada masing-masing tim, tetapi kekuatan kedua tim ini yang akan menjadi pembeda, mari kita lihat kekuatan kedua tim. Timnas Uzbekistan U-23 sendiri dalam melakoni turnamen ini dari fase group tidak pernah mengalami kekalahan dari 4 partandingan dengan 12 pemasukan 0 kemasukan dengan mengalahakan Vietnam, Kuwait dan Malaysia pada fase group dan Qatar sebagai Tuan rumah di babak 8 besar, sedangkan Timnas Indonesia mengalami jatuh bangun dari fase group sampai pada babak 8 besar, dari 4 pertandingan 3 menang dan 1 kalah dengan 7 pemasukan 5 kemasukan, kekalahan terjadi pada fase group yaitu Tuan rumah Qatar dengan skor 0-2, tetapi Indonesia bangkit pada laga-laga selanjutnya yaitu mengalahkan Australia 1-0, Yordania 4-1 dan pada babak 8 besar mrngalahkan Korea Selatan dengan skor 2-2 (adu penalty Indonesia menang dengan skor 11-10).

Jelas dari perjalanan masing-masing tim dari data yang ada, perjalan Timnas Uzbekistan U-23 masih lebih mulus dibandingkan dengan Timnas Indonesia U-23 dari segi kemenangan maupun dari selisi gol.

Bagaimana dengan Head to Head antara kedua tim?

Kedua Timnas ini pernah bertemu pada semua ajang baik Timnas senior maupun Timnas kelompok umur dengan total pertemuan 4 kali pertemuan

  1. Persahabatan 2018 (U-23) Indonesia 0 VS Uzbekistan 0
  2. Asian Games 2022 (U-24) Indonesia 0 VS Uzbekistan 2
  3. Piala Asia 2023 (U-20) Indonsia 0 VS Uzbekistan 0
  4. Uji Coba 2024 (U-20) Indonesia 2 VS Uzbekistan 3

Dari data kekuatan masing-masing tim, siapakah yang akan mengukir sejarah terkait dengan lolosnya ke ajang multi eaven paling bergengsi di dunia?

Jadwal pertandingan Semi Final Piala Asia U-23

  1. Indonesia U-23 Vs Uzbekistan U-23 ( Senin, pukul 22.00 Wita)Stadion Abdullah Bin Nasser Bin Khaliffa
  2. Jepang U-23 VS Irak U-23 (Selasa, Pukul 01.30 Wita, Stadion Jassim Bin Hamad

Oleh :  Jemris Rubiyanto Allung, M. Pd, (Akademisi Olahraga)

Editor : Simoen Sion