Gelar KRYD Satbinmas Polres Kupang Beri Penyuluhan tentang Kenakalan Remaja Hingga UU Lalu Lintas

Gelar KRYD Satbinmas Polres Kupang Beri Penyuluhan tentang Kenakalan Remaja Hingga UU Lalu Lintas

tribratanewskupang.com,---Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Kupang kembali menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) berupa penyuluhan di SMA Negeri 2 Kupang Timur. Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada siswa dan siswi mengenai kenakalan remaja, undang-undang lalu lintas, dan bullying, Jumat (19/7) siang. 

Kegiatan penyuluhan ini dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Kupang, IPTU I Ngurah Bisa, didampingi oleh personil Satbinmas Polres Kupang Aipda Rimo Isu, S.H dan Aipda Muhmmad Komarudin sebagai pemateri.

Keduanya memberikan materi yang komprehensif kepada para siswa-siswi, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman mereka mengenai isu-isu penting yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Terkait Kenakalan Remaja Aipda Rimo menekankan pentingnya menjauhi perilaku negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Kasat Binmas menjelaskan berbagai bentuk kenakalan remaja dan dampak buruknya, serta memberikan tips untuk menghindari pengaruh buruk dari lingkungan sekitar. 

Sedangkan Undang-Undang Lalu Lintas Aipda Komarudin memberikan pemahaman mengenai aturan-aturan lalu lintas yang berlaku, serta pentingnya mematuhi aturan tersebut untuk keselamatan di jalan raya. Siswa-siswi juga diajak untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di lingkungan sekolah dan keluarga.

Dan terkait Bullying  yang lagi marak dikalangan remaja, Aipda Komarudin mengajak para siswa-siswi untuk memahami apa itu bullying, dampaknya, dan bagaimana cara mengatasinya.

Kasat Binmas juga menekankan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua siswa.

Para siswa-siswi SMA Negeri 2 Kupang Timur menunjukkan antusiasme yang tinggi selama penyuluhan berlangsung. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi mengenai materi yang disampaikan. Beberapa siswa juga berbagi pengalaman pribadi terkait isu-isu yang dibahas, menjadikan penyuluhan ini interaktif dan bermanfaat.

Harapan kedepan Kasat Binmas Iptu I Ngurah Bisa berharap, melalui kegiatan penyuluhan ini, para siswa-siswi dapat lebih memahami pentingnya menjauhi kenakalan remaja, mematuhi undang-undang lalu lintas, dan menghindari serta melawan bullying.

"Kami berharap dengan adanya penyuluhan ini, para siswa dapat menjadi agen perubahan di lingkungan mereka masing-masing, dan mampu menerapkan ilmu yang didapat untuk kebaikan bersama," ujarnya.

Kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian dari upaya Polres Kupang untuk terus mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya para generasi muda, serta memberikan edukasi yang bermanfaat untuk masa depan mereka. Diharapkan, kegiatan serupa akan terus dilakukan secara rutin guna menciptakan lingkungan yang aman, tertib, dan harmonis di Kabupaten Kupang.

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan edukasi kepada generasi muda, karena mereka adalah masa depan bangsa. Semoga dengan kegiatan ini, para siswa-siswi dapat lebih waspada dan bijak dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang," pungkas Kasat Binmas IPTU I Ngurah Bisa.#Ss