Di Masa Pandemi Covid-19, Polres Kupang Giatkan Pelayanan SKCK Mobile

Di Masa Pandemi Covid-19, Polres Kupang Giatkan Pelayanan SKCK Mobile

TRIBRATANEWSKUPANG  ---  Kepolisian Resor Kupang Polda Nusa Tenggara Timur terus membenahi pelayanannya untuk mengedepankan pelayanan prima kepada masyarakat. Dibawah kepemimpinan Kapolres Kupang, AKBP Aldinan  RJH Manurung, SH, SIK, M.

Si Polres yang berbatasan langsung dengan Distric Oecusse, Republik Democratic Timor Leste ini menyadari berbagai hambatan dan kekurangannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Adapun inovasi pelayanan yang diberikan berupa pelayanan SKCK Keliling yang dikemas dalam tagar ” Si Manis Timor “. Si Manis Timor merupakan bentuk akronim dari kalimat, Siap Melayani dengan Humanis Tanpa Molor . Inovasi berbasis pelayanan ini tidak mengandalkan teknologi informasi seperti  SKCK online. 

Bentuk pelayanan yang diberikan yang berupa pelayanan keliling dengan sistem rayonisasi kecamatan-kecamatan yang memiliki jangkauan jauh dari pelayanan di Polres

Adapaun titik pelayanan yang diberikan yaitu Pos Pol Amarasi Barat dengan sasaran masyarakat dari  kecamatan Amarasi Barat, Pos Pol Nekamese  untuk masyarakat Kecamatan Nekamese dan Pos Pol Baumata yang menjangkau masyakarat kecamatan Taebenu Kabupaten KUpang.

Selain sistem rayonisasi ada juga bentuk pelayanan istimewa  seperti Bu Sus untuk pemohon dengan kebutuhan khusus (disabilitas), Bu Mil  untuk ibu hamil dan Bu Sui untuk ibu menyusui. 

Pelayanan tipe ini bisa dilakukan dirumah tanpa harus ke kantor polisi atau titik rayon seperti yang disebutkan diatas tadi. , tinggal melakukan kontak dengan operator, pelayanan sudah pasti siap diberikan

Semua bentuk pelayanan ini diberikan secara cuma-cuma tanpa pungutan biaya diluar ketentuan yang berlaku. Petugas telah disumpah untuk menjalankan tugasnya tanpa melakukan pungli kepada masyarakat pemohon SKCK.

      “Kiranya pelayanan ini bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Kupang, karena sangat efisien dari sisi biaya dan waktu,” harap Kapolres Aldinan.  “Kami selalu merespon kebutuhan dan harapan masyarakat demi mewujudkan POlisi Yang Presisi; Prediktif, responsibilitas dan Transparansi berkeadilan“, lanjutnya.

Kapolres Kupang AKBP Aldinan memilih program inovasi berbasis pelayanan  seperti ini dengan harapan agar pelayanan Polri dapat menjangkau masyarakat luas dan masyarakat wilayah pedalaman karena topografi Kabupaten Kupang amat menyulitkan masyarakat untuk menjangkau Mako Polres Kupang hanya untuk mengurus SKCK.  Belum lagi masalah internet yang saat ini masih belum stabil.

Bersama Kasat Intelkam Polres Kupang IPTU Haryono, solusi ini dijalankan dengan harapan agar masyarakat tidak mengalami kendala dalam pengurusan SKCK serta bisa memanfaatkan pelayanan yang ada (S)