Siap Amankan Pilkada Serentak, Polres Kupang Gelar Sispamkota

Siap Amankan Pilkada Serentak, Polres Kupang Gelar Sispamkota
Siap Amankan Pilkada Serentak, Polres Kupang Gelar Sispamkota
Siap Amankan Pilkada Serentak, Polres Kupang Gelar Sispamkota

tribratanewskupang.com,---Kepolisian Resor (Polres) Kupang menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024  yang digelar di Lapangan Apel Polres Kupang pada hari Jumat (23/8) pagi yang dimulai dengan simulasi saat situasi masih normal hingga terjadi kerusuhan di Kantor KPUD akibat pesta demokrasi tersebut.

Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K.,M. H yang memimpin langsung kegiatan simulasi mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk persiapan Polres Kupang mengawal pesta demokrasi tahun 2024 dalam Pilkada Serentak yang digelar tanggal 27 November 2024 nanti. 

“Simulasi ini digelar sebagai bentuk persiapan kami mengamankan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Kupang, " terangnya..

Ia menjelaskan juga bahwa pelaksanaan Sispamkota tersebut, melibatkan semua personil Polres Kupang beserta kendaraan pengurai massa mulai dari sepeda motor,  Armoured Water Canon  hingga perlengkapan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, diskenariokan sistem pengamanan mulai dari tahapan pendaftaran, kampanye, pemungutan suara, hingga ketidakterimaan masyarakat atas hasil dari pemilihan yang dilakukan.

Simulasi juga diperagakan proses penanganan aksi massa dari situasi landai hingga anarkis akibat adanya kelompok massa yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara.

“Dalam simulasi itu, kami secara tegas dan terukur melakukan penanganan secara bertahap. Kami mengedepankan langkah-langkah humanis dengan menerjunkan tim negosiator yang terdiri dari personel Polwan untuk menenangkan aksi massa,” ungkap AKBP Agung.

Kapolres Kupang juga menegaskan agar personel Polres Kupang dalam pelaksanaan pengamanan selama tahapan Pemilukada untuk mematuhi standar prosedur operasional dalam langkah-langkah hingga pengambilan keputusan pada saat menghadapi situasi genting.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat, untuk bersama-sama menjaga kamtibmas selama perhelatan masa pilkada serentak 2024  agar pemilukada di Kabupaten Kupang dapat berjalan dengan aman dan damai, serta saling menghargai meskipun berbeda pilihan.

Turut hadir perwakilan pemerintah Kabupaten Kupang, Kepala Kesbangpol Kabupaten Kupang Yesai Lanus, perwakilan TNI, Basarnas, Polisi Pamong Praja dan KPUD Kabupaten Kupang serta Bawaslu dan perwakilan partai politik di Kabupaten Kupang.#Ss