Polres Kupang Targetkan Capaian Vaksin 70 Persen diakhir tahun 2021

Polres Kupang Targetkan Capaian Vaksin 70 Persen diakhir tahun 2021

Tribratanewskupang.com  ---  Polres Kupang,  Polda NTT  terus gencar melakukan vaksin bagi masyarakat sehingga seluruh lapisan masyarakat
bisa terjangkau.
Walau masih ada 4 kabupaten yang prosentase peserta vaksin masih dibawah 50 persen namun Polda NTT optimis target capaian vaksin 70 persen diakhir tahun 2021 bisa terwujud.


Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH M.Hum memantau langsung pelaksanaan vaksin Presisi Polri di gerai vaksinasi di Polres Kupang, Sabtu (27/11/2021).


Kapolda NTT mengapresiasi capaian vaksinasi di wilayah Polres Kupang yang mencapai 84 persen dan Manggarai Barat diatas 70 persen.
Namun sejumlah wilayah masih dibawah target soal capaian vaksin antara lain Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) baru 40 persen, Malaka 41 persen, Lembata 40 persen, Flores Timur 40 persen dan Alor 49 persen.


Kapolda NTT juga melakukan dialog melalui video conference dengan Kapolres Malaka, AKBP Rudy JJ Ledoh, Kapolres Lembata, AKBP Yoce Martin, Kapolres Flores Timur, AKBP I Gusti Putu Suka Arsa dan Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas.


Kapolres Malaka melaporkan kalau hingga Jumat (26/11/2021), capaian vaksin di wilayah Malaka baru mencapai 41,88 persen dan ada kekurangan vaksin untuk kelompok remaja.
Sementara Kapolres Lembata mengupayakan capaian vaksin hingga 60 persen sampai akhir tahun 2021 ini.
Kapolres Flores Timur mengakui kalau capaian vaksin baru 40 persen dan vaksin kali ini menargetkan 1.500 orang.
Kapolres Alor juga mengaku mempercepat vaksin dengan melakukan pelayanan mobile.


Saat ini pelayanan vaksin dilakukan di tiga titik dan 8 Polsek dengan target 2.000 warga terlayani.


Dengan capaian vaksin hingga 49,16 persen saat ini, Kapolres optimis pada akhir bulan Desember ini, capaian vaksin bisa mencapai 60-70 persen.
Kapolda NTT mengakui secara keseluruhan NTT baru mencapai 51 persen untuk pelaksanaan vaksin.
"Sisa waktu yang ada hingga akhir bulan Desember agar pelaksanaan vaksin dipercepat hingga kita bisa mencapai target 70 persen penerima vaksin seperti yang ditargetkan bapak Kapolri," ujar Kapolda NTT.


Bagi wilayah yang capaian vaksin masih rendah, Kapolda NTT  berjanji akan memback up dengan meminta Kabid Dokkes Polda NTT membantu sehingga capaian vaksin sesuai target nasional.
Kapolda NTT juga minta pemerintah daerah, DPRD dan TNI agar bersama-sama melakukan sosialisasi guna adanya keterlibatan masyarakat untuk mengikuti vaksin.


"Kita terus  bergerak dan meningkatkan peserta vaksin agar akhir tahun bisa mencapai 70 persen. Saya minta TNI dan pemerintah daerah dilibatkan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat dan kita lakukan ini secara masif dan kita yakin NTT bisa mewujudkan capaian 70 persen," tandas Kapolda NTT.


Polres Kupang memusatkan pelaksanaan vaksin di Puskesmas Batakte, Kecamatan Kupang Barat dan terlayani 300 peserta vaksin.
Kapolres Kupang, AKBP Aldinan RJH  Manurung SH SIK MSi, optimis target vaksin bisa tercapai.
"Saat ini kami terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat dan kami optimis target tercapai," ujar Kapolres Kupang.


Vaksinasi juga dilakukan di tempat strategis dan di lokasi yang  capaian vaksinasi masih rendah.
Ia juga meminta para Kapolsek jajaran terus bekerja meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti vaksin.
"Saya optimis target kita akan mencapai 60 persen lebih," tandas Kapolres Kupang.