Polres Kupang Gelar Latihan Pra Operasi Pekat Turangga 2022

Polres Kupang Gelar Latihan Pra Operasi Pekat Turangga 2022

tribratanewskupang.com, ---Kepolisian Resor Kupang menggelar Latihan Pra Operasi (latpraops) dengan sandi Operasi Pekat Turangga 2022 bertempat di Lobi Lapangan Tembak Stefanus Pekuwali Polres Kupang, Senin (5/11/2022) pagi.

Kegiatan Latihan ini dipimpin  Kapolres Kupang AKBP Irwan Arianto, S.I.K, M.H yang diwakilkan kepada Kabagops Polras Kupang AKP Yulianus Lau.

Adapun tema yang diusung dalam Operasi ini adalah "Melalui Latihan Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan Pekat Turangga 2022 kita tingkatkan kemampuan satgasops preemtif, preventif, tindak, Gakkum dan bantuan dalam rangka mewujudkan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat menjelang Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan aman dan nyaman diwilayah hukum Polres Kupang.

Setelah dibuka oleh Kabagops, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi operasi, strategi, upaya hukum  dan dukungan SDM serta sarana dan prasarana dalam Operasi yang akan digelar selama 15 hari  mulai tanggal 5 hingga 19 Desember 2022.

Kegiatan Latihan Pra Operasi Pekat Turangga 2022 diikuti oleh seluruh perwira dan bintara yang tersprin serta perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Kupang.

Operasi rutin kepolisian yang dilaksanakan setiap akhir tahun menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru oleh Polres Kupang ini bertujuan mewujudkan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat menjelang Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kapolres Kupang menjelaskan bahwa Operasi Pekat Turangga 2022 merupakan operasi rutin Kepolisian khususnya Polres Kupang guna menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Nataru. 

" Operasi ini kami gelar dalam rangka  menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Natal dan Tahun Baru  di Kabupaten Kupang," terangnya.

Orang nomor satu di  Polres Kupang ini, menambahkan pula bahwa sasaran operasi ini adalah penyakit masyarakat  dan berbagai potensi gangguan yang dapat memicu gangguan kamtibmas.

" Operasi yang dilaksanakan menyasar potensi gangguan yang menjadi pemicu terganggunya situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Kupang, " tambahnya.

Potensi gangguan yang dimaksudkan Kapolres Irwan adalah segala kemungkinan yang dipicu oleh benda/barang dan orang menjadi sebuah gangguan nyata seperti perjudian, minuman keras, pelacuran/ prostitusi, premanisme dan narkoba serta berbagai gangguan lainya diwilayah hukum Polres Kupang.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan latihan Pra Operasi, menurut rencana Polres Kupang akan langsung menggelar operasi sesuai dengan target yang telah ditentukan.