Operasi Patuh Turangga 2024: Polres Kupang Adakan Apel Gelar Pasukan

Operasi Patuh Turangga 2024: Polres Kupang Adakan Apel Gelar Pasukan
Operasi Patuh Turangga 2024: Polres Kupang Adakan Apel Gelar Pasukan

tribratanewskupang.com,---Kepolisian Resor Kupang melaksanan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2024 dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) paska Hari Bhayangkara Tahun 2024 di wilayah hukum Polres Kupang, di Lapangan Apel Polres Kupang, Senin (15/7) pagi.

Operasi rutin Kepolisian dibidang lalu lintas dengan sandi Patuh Turangga 2024 ini mengusung tema "Patuh Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas" dipimpin langsung oleh Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H yang bertindak sebagai inspketur upacara dalam apel tersebut.

Dalam amanatnya AKBP Agung mengungkapkan sasaran operasi Patuh Turangga 2024 adalah menyasar kendaraan lawan arus, pengemudi dibawah pengaruh alkohol, menggunakan HP saat mengemudi, tidak gunakan helm ber-SNI dan tidak gunakan sabuk pengaman, berkendara melebihi batas kecepatan maksimum, pengendara dibawah umur dan tidak miliki SIM serta berboncengan lebih dari satu orang, kendaraan tidak laik jalan, melanggaaar marka jalan dan memasang rotator serta plat nomor palsu.

Ia menambahkan ada 8 poin penting yang dijadikan atensi dalam pelaksanaan operasi Patuh Turangga 2024 yaitu, pelaksanaan Deteksi Dini dan Pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, pembinaan  dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang Kamseltibcar lantas, edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas, meningkatkan sinergitas dan solidaritas dengan TNI, Pemerintah daerah,  tokoh masyarakat, pihak swasta, media masa dan stakeholder lainya dalam upaya kordinasi yang solid demi terciptanya Kamsertibcarlantas yang aman dan kondusif, menghindari tindakan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri, melaksanakan Gakum secara statis dan mobile serta teguran subjektif dan humanis terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran lalulintas dan melakukan Counter Opini terhadap berita-berita hoax di media sosial, media online, maupun media mainstream serta selalu berdoa agar giat Operasi Patuh tahun 2024 dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat. 

Terkait operasi Patuh Turangga 2024, mantan Kapolres Sumba Barat ini menghimbau masyarakat agar melengkapi surat-surat kendaraan, surat ijin mengemudi, STNK , pajak dan lain sebagainya.

" Terkait operasi ini kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat  untuk melengkapi surat-surat kendaraan, surat ijin mengemudi, STNK , pajak dan lain sebagainya, tertib berlalulintas menjadi modal keselamatan agar bisa sampai tujuan, " ujarnya.

Ia juga menambahkan, selain menggunakan helm berstandar SNI dan safety belt bagi pengemudi, ia juga meminta agar mengemudikan kendaraan sesuai batas maksimum dan tidak  boleh mengonsumsi miras dan obat-obatan terlarang lainnya.

Kapolres Agung juga mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat dalam pelaksanaan Operasi Patuh Turangga 2024. "Kami berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam mendukung operasi ini dengan selalu patuh terhadap aturan lalu lintas. Mari bersama-sama kita wujudkan lalu lintas yang tertib dan aman untuk Indonesia yang lebih baik," tutupnya.

Operasi ini akan digelar selama empat belas hari terhitung dari tanggal 15 hingga 28 Juli 2024 dengan tujuan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berkendara, menurunkan angka kecelakaan, meningkatkan kesadaran dan kelengkapan kendaraan pribadi / umum yang di pergunakan serta pergelaran Personil Polantas di daerah - daerah rawan laka lantas.

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan ini, Dandim 1604 Kupang diwakili oleh Danramil 1604-05 Sulamu, Wakapolres Kupang Kompol Yulianus Lau bersama para PJU dan Perwira Polres Kupang, Kepala Jasa Raharja Kabupaten Kupang, Perwakilan Satpol. PP Kabupaten Kupang, Perwakilan UPT Dispenda Kabupaten Kupang serta Kapolsek jajaran Polres Kupang. 

Dengan adanya Operasi Patuh Turangga 2024, Polres Kupang berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas Kamseltibcarlantas di wilayahnya. Melalui kerja sama antara polisi dan masyarakat, diharapkan dapat terwujud lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar, serta mencapai visi Indonesia Emas.#Ss