Kapolres Kupang Terima Audiensi Garamin NTT di Mapolres Kupang

Kapolres Kupang Terima Audiensi Garamin NTT di Mapolres Kupang

tribratanewskupang.com,---Kepala Kepolisian Resor Kupang (Kapolres Kupang) AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H menerima audiensi dengan anggota Gerakan Advokasi Transformasi Disabilitas Untuk Inklusi (Garamin) Nusa Tenggara Timur, bertempat di Ruang Vidcon Sanika Satyawada Presisi Polres Kupang, Kamis (9/11) pagi. 

Didampingi Dani Manu dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Apik Kota Kupang dan Elmi Sumarni Ismau (Project Officer) Garamin NTT, 23 orang anggota Garamin beraudiens langsung dengan Kapolres Kupang dengan topik penyadaran hukum dan akses keadilan bagi kelompok rentan termasuk difabel di Kabupaten Kupang dan Rote Ndao.

Gerakan Advokasi Transformasi Disabilitas untuk Inklusi (GARAMIN) NTT sebagai pelaksana Program Solider Strengthening Social Inclusion for Disability Equity and Rights (Memperkuat Inklusi Sosial untuk Kesetaraan dan Hak-hak Disabilitas) di Provinsi NTT sudah berjalan di Kabupaten Kupang sejak bulan Juni tahun 2022.

Dengan rendah hati Kapolres Agung menerima kunjungan kelompok yang terdiri kaum difabel ini hingga mereka pulang. 

Ada beberapa point penting yang disampaikan kelompok ini adalah terkait prosedur pelayanan hukum di Polres Kupang, tata cara penanganan tindak pidana serta jaminan hukum bagi kelompok disabilitas. 

Dengan rinci Kapolres Agung menjelaskan semua permintaan anggota Garamin NTT dengan didampingi Kasat Reskrim Polres Kupang   Iptu Eldpidus Feka Kono, S.Sos dan Kanit PPA Ipda Sutrisno. 

Menurut Dani Manu, program pendampingan yang dilakukannya merupakan salah satu bentuk pelatihan bagi paralegal difabel yang telah mengikuti pelatihan dasar tahun 2021 lalu dalam bentuk kunjungan ke lembaga-lembaga hukum di Kabupaten Kupang seperti Pengadilan Negeri dan Polres Kupang untuk selanjutnya akan melakukan pendapingan pada 12 desa mitra Garamin di Kabupaten Kupang dan Rote Ndao. 

 

Dipenghujung acara Kapolres Agung mengucapkan terimakasih atas kunjungan Garamin NTT yang bersedia menjadikan Polres Kupang sebagai salah mitra hukum yang nota bene menjadikan masyarakat Kabupaten Kupang sadar hukum. 

" Saya mengucapkan terimakasih  atas kunjungan Garamin NTT yang bersedia menjadikan Polres Kupang sebagai salah mitra hukum yang nota bene menjadikan masyarakat Kabupaten Kupang sadar hukum, " terangnya.

Senada dengan AKBP Agung, Elmi Sumarni Ismau selaku Project Officer Garamin NTT, mengucapkan terimakasih atas waktu luang Kapolres Kupang yang bersedia beraudiens dengan mereka ditengah kesibukkany.

"Saya mewakili teman-teman mengucapkan  terimakasih atas kesediaan Bapa  Kapolres yang sudah menerima kami dengan sabaik-baiknya, semoga diberkati selalu, "  tandasnya.#Ss