Kapolres Kupang Siap Membantu Pemda Kupang Turunkan Jumlah Stanting Di Kabupaten Kupang

Kapolres Kupang Siap Membantu Pemda Kupang Turunkan Jumlah Stanting Di Kabupaten Kupang
Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto S.I.K, M.H,

Tribratanewskupang  ---  Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto S.I.K, M.H, mengatakan, terkait persoalan stunting di Kabupaten Kupang yang masih di angka 22 persen, kiranya bisa terus menurun hingga dibawah 10 persen pada tahun 2024

Hal tersebut Kapolres sampaikan saat menhadiri lokakarya di kantor bupati kupang
“Melalui lokakarya ini, kehadiran kita semua mampu memecahkan permasalahan stunting di Kabupaten Kupang,” Tuturnya

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, ini merupakan salah satu wujud kecintaan dan perhatian Presiden kepada masyarakat NTT yang terbukti melalui hal ini. Besar harapan Kapolres Kupang agar para stakeholder terkait bisa bekerja sama dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Kupang.

“Sinergitas bukan hanya di mulut namun harus ada komunikasi dan kolaborasi. meskipun kurang memahami tentang kesehatan, namun dari strategi hingga pendataan akan kami bantu. Baik itu jumlah remaja yang ada maupun yang pra-nikah, ibu hamil hingga anak stunting akan kami berikan datanya agar lebih memudahkan rekan - rekan yang lain untuk bekerja,” Harap Kapolres Kupang

Kapolres FX Irwan juga menegaskan bahwa TNI/Polri akan membantu memonitor serta mengikuti kegiatan para stakeholder untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Kupang bebas stunting.

Diketahui Kegiatan lokakarya multi stakeholder tentang integrasi STRANAS dan RAN PASTI 2021-2024 dalam Perda/Perbub Kabupaten Kupang ini dibuka langsung Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Rabu, 27 April 2022,  di Aula Kantor Bupati Kupang di Oelamasi.

Pertemuan ini dilakukan secara hybrid dengan pemandu acara Juliandri Seran ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Diikuti oleh DCOP Program BISA- Nutrition Internasional Donatus K. Marut beserta Tim, Dandim 1604/Kpg Letkol Inf. M. Iqbal Lubis, Kepala BKKBN Propinsi NTT Marianuas Mau Kuru, pimpinan OPD terkait Stunting, perwakilan Kemenag Kabupaten Kupang, perwakilan STIKES Maranatha, perwakilan ketua PKK Kabupaten Kupang dan para peserta.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dalam acara tersebut menyatakan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerjasama tim. Di mana, kegiatan ini bertujuan membentuk tim percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kupang.

Dirinya menjelaskan, bahwa tidak seperti tahun 2021, pada tahun ini, Kabupaten Kupang mengalami kenaikan stunting. Hal ini perlu diperhatikan secara bersama-sama penyebab naiknya angka stunting di Kabupaten Kupang.

“BKKBN tidak mampu bekerja sendiri tanpa dukungan para stakeholder dan para TNI/Polri. Bagi Kepala Dinas Kesehatan beserta jajarannya sampai ke Pustu harus terus berkolaborasi demi mencegah stunting di Kabupaten Kupang,” ujar Wabup Jerry.

Wakil Bupati Kupang juga mengapresiasi kerja TNI/Polri dalam hal ini Kapolres Kupang dan Dandim 1604 Kupang yang selalu memiliki kepedulian kepada masyarakat Kabupaten Kupang. Kiranya kolaborasi bersama TNI/Polri tetap selalu terjalin.

Dirinya mengingatkan agar mengundang para tokoh agama untuk membantu mensosialisasikan persoalan stunting dan anemia pada bumil dan remaja putri lewat rumah ibadah masing-masing.

Sementara itu, DCOP Program BISA- Nutrition Internasional Donatus K. Marut dalam paparannya secara virtual mengatakan, selama 2 tahun proyek BISA di Kabupaten Kupang sudah menyelesaikan kegiatan peningkatan kapasitas untuk dinas kesehatan, pendidikan, puskesmas dan sekolah-sekolah. Program BISA ( Better Investment for Stunting Alleviation) merupakan kolaborasi antara Nutrition International dan Save The Children.

Menurut Marut, dari hasil pantauan tahun lalu, kunjungan pertama ibu hamil di puskesmas sampai Desember 2021 masih di angka 53%. Ini menjadi tantangan bersama dalam mencegah anemia pada ibu hamil. Dari data tersebut, kemungkinan besar ibu hamil yang anemia, sudah mengalami anemia sebelum kehamilan terjadi. Karena itu intervensi sebelum hamil adalah hal yang penting.

“Hal ini terbukti dari kunjungan ke dua dan ke tiga angkanya semakin menurun hingga 15 persen. Ini didukung oleh data cakupan ibu hamil. Tidak hanya anemia pada ibu hamil, tapi juga anemia pada remaja putri di sekolah yang akan mempengaruhi prestasinya di sekolah,” jelasnya.

Donatus Marut berharap, kiranya pertemuan hari ini bisa bermanfaat dengan memfokuskan kerja sama dengan Pemkab Kupang untuk program dan tindakan yang harus dilakukan demi mengurangi stunting.