Kapolres Kupang Rela Mobilnya Rusak Demi Menjangkau Personil Yang Bertugas di Pedalaman

Kapolres Kupang Rela Mobilnya Rusak Demi Menjangkau Personil  Yang Bertugas di Pedalaman
Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H saat rehat di Hutan Anpupu Lelogama

tribratanewskupang.com, ---Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H  menggunakan kesempatan di hari libur untuk bisa bersilahturahmi dengan personil Polres Kupang yang bertugas di pedalaman Kabupaten Kupang.

Hari Sabtu (20/8/2022) hingga Minggu (21/8/2022) dalam momen  Merah Putih Adventure yang dia inisiasi sendiri bersama dengan Ketua Kupang Adventure (KAT) dr Ari Wijana dan Indonesian Offroad Federation (IOF) mantan Kapolres Sumba Barat ini menjelajahi wilayah Kecamatan Amfoang Barat Daya, Amfoang Selatan dan berakhir di  Kecamatan Takari Kabupaten Kupang.

Sejak start di Halaman Mako Polres Kupang Sabtu (20/8/2022) siang,  Kapolres Kupang bersama para Kapolsek jajaran Polres Kupang  dan diikuti  berbagai klub dan komunitas Offraoad Kota dan Kabupaten Kupang tim bergerak menuju arah wilayah Kecamatan  Fatuleu Barat hingga Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Daya. Di Manubelon ini terdapat sebuah Pos Polisi yang ditempati Personil Polres Kupang berjumlah 4 (empat) orang. Sambil bersilahturahmi dengan anggota Pos Pol Manubelon, Kapolres Kupang berkesempatan melakukan  pengecekan Mako dan kesiapan anggota dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Setelah rehat sejenak, Kapolres Kupang bersama tim Merah Putih Adventure melanjutkan perjalanan menuju Desa Nefone'ut yang berada dipedalaman Kecamatan Amfoang Barat Daya guna menyapa masyarakat setempat dan memberikan bantuan berupa Sembako serta satu unit Genset untuk penerangan warga setempat yang hingga saat ini masih belum teraliri jaringan listrik PLN.

Dalam perjalanan menuju desa inilah tantangan mulai terasa, pasalnya jalan raya yang dilalui harus mengikuti lekukan sungai Naiten dan lereng terjal dan bukit berbatu. Mobil Kapolres Kupang pun mengalami kerusakan serous hingga harus dilakukan perbaikan. Namun berkat kerjasama tim dan kesigapan personil Polres Kupang semua kendala ini bisa teratasi dengan baik.Perjalanan yang menguras tenaga dari Manubelon menuju Lelogama ibu kota Kecamatan Amfoang Selatan diperkirakan mencapai 30 (tiga puluh ) kilo meter. Butuh konsentrasi serta skill yang mumpuni untuk bisa menaklukan medan tersebut.

Pukul 22.30 Wita Kapolres Kupang dan tim tiba di Polsek Amfoang Selatan. Sebelum menuju tempat perkemahan di Bukti Samapta, Kapolsek Amfoang Selatan Iptu Made Kumara memperkenankan Kapolres Kupang bersama tim untuk menyantap makan malam bersama.

Di Bukti Samapta Kapolres Kupang bersama seluruh tim Adventure Polres Kupang beristrahat malam. Terpaan angin gunung nan segar serta hawa dingin nan sejuk membawa siapa saja yang ketempat ini kealam mimpi yang indah hingga pagi hari.

Saat pagi tiba Minggu (21/8/2022) Kapolres Irwan bersilahturahmi dengan anggota Polsek Amfoang Selatan serta melakukan pengecakan mako serta kesiapan personil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pukul 8.30 Wita Kapolres Kupang meninggalkan Polsek Amfoang Selatan menuju Polsek Takari untuk melanjutkan silahturahmi yang sama kepada personil Polsek Takari. 

Suasana solidaritas dan keakraban anggota Polsek dan Kapolres Kupang begitu terasa disaat  ia rela jauh-jauh mendatangi mereka yang bertugas dikejauhan dari keramaian kota. Cara unik yang dilakukan Kapolres Irwan telah menggaet  simpati para anggotanya untuk lebih dekat dengannya dalam tugas keseharian demi melayani masyarakat.

" Saya lakukan semua ini demi menjalin keakraban dengan mereka, saya tahu mereka pasti jenuh dan bosan bertugas di Polsek dan Pospol yang jauh dari kota," imbuhnya.

" Hanya dengan cara begini saya bisa dekat dengan mereka, topografi Kabupaten Kupang yang begitu menantang memerlukan cara khusus untuk bisa menjangkau semua personil saya yang bertugas dipedalamam, " tambahnya.

Rasa lelah akibat perjalan yang jauh dan bermedan kurang bersahabat, terobati dengan panorama alam Kabupaten Kupang yang masih asri. #Ss