Gelar Operasi Zebra, Polres Kupang Dukung Suksesnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

Gelar Operasi Zebra, Polres Kupang  Dukung Suksesnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI
Gelar Operasi Zebra, Polres Kupang  Dukung Suksesnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

tribratanewskupang.com,--- Kepolisian Resor Kupang resmi menggelar Operasi Zebra Turangga 2024 dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban  dan kelancaran berlalu lintas yang aman dan nyaman diwilayah hukum Polres Kupang, bertempat di Lapangan Apel Polres Kupang, Jalan Timor Raya KM Kelurahan Babau, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada Senin (14/10) pagi.

Apel ini dipimpin langsung Kapolres Kupang, AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.H., M.H dengan dihadiri Danramil 1604-02 Camplong, Wakapolres Kupang Kompol Ribka Huberta Hangge, S.H., M.H dan PJU, Perwira dan Bintara  Polres Kupang serta perwakilan dari instansi terkait seperti Kodim 1604 Kupang, Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, Jasa Raharja, Polisi Pamong Praja, Dinas Pendapatan Daerah, dan Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang. 

Kapolres Kupang, dalam arahannya saat apel, menekankan pentingnya operasi ini dalam menciptakan disiiplin masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan, menurunnya tingkat fatalitas kecelakaan, meningkatnya kepercayaan publik terhadap Polri dan terwujudnya kamseltibcar lantas yang mantap," ujarnya.

Masih menurut Kapolres Agung, selama pelaksanaan Operasi Zebra, fokus pengawasan meliputi  9 jenis pelanggaran lalu lintas yang sering kali memicu kecelakaan, seperti pengemudi atau pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara yang masih dibawah umur, tidak menggunakan helm SNI, berboncengan lebih dari satu orang,  tidak menggunakan safety belt, pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol serta pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus, melebihi batas kecepatan dan melebihi ketentuan daya angkut serta kendaraan yang partkir dibahu jalan, " ujanya.

Mengacu pada data IRMS Dilantas Polda NTT pada semester I tahun 2024 terdapat 658 kejadian dengan korban meninggal dunia mencapai 168 orang, luka berat sebanyak 273 orang dan luka ringan sebanyak 767 orang. Meski mengalami penurunan dari tahun 2023 , AKBP Agung  mewanti-wanti anggota yang terlibat operasi untuk tidak berdiam diri melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya menciptakan pemerintahan yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas guna mengatasi permasalahan tersebut.

Usai menggelar apel, seluruh personil yang terlibat dalam operasi melaskanakan Latihan pra Operasi yang dipimpin Wakapolres Kupang di Aula Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Kupang.

Operasi ini akan digelar selama 14 hari yang dimulai tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024 diseluruh wilayah hukum Polres Kupang.#Ss