Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres Kupang Gelar Operasi Bina Karuna Turangga 2022

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres Kupang Gelar Operasi Bina Karuna Turangga 2022
Wakapolres Kupang Kompol Tri Joko Biyantoro saat memimpin Lat Pra Ops Bina Karuna Turangga 2022

tribratanewskupang.com,---Memasuki musim kemarau panjang bulan Agustus hingga Oktober tahun 2022,  Kepolisian Resor Kupang menggelar Oprasi Kepolisian dengan sandi Operasi Bina Karuna Turangga 2022.

Melibatkan tiga puluh personil Polres Kupang  kegiatan Operasi ini dititikberatkan pada upaya meminimalisir,mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tersebar diwilayah hukum Polres Kupang dengan rentang waktu operasi selama empat belas hari yang dimulai tanggal 2 hingga 15 Agustus 2022.

Operasi ini ditandai dan diawali dengan Latihan Pra Operasi Bina Karuna Turangga 2022  yang dipimpin oleh Wakapolres Kupang Kompol Tri Joko Biyantoro, S.Sos di  Posko Presisi Sanika Satyawada Polres Kupang Selasa (2/8/2022) siang.

Mewakili Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K,M.H,  Wakapolres Tri menekankan keseriusan pelaksanaan operasi  demi  tercapai tujuan yang diharapkan dalam operasi tersebut.

“ Mewakili Kapolres Kupang, saya menekankan keseriusan kita selama mengikuti kegiatan Operasi, agar tujuan operasi benar-benar  terwujud,” terang Wakapolres.

“ Petakan dan datangi lokasi-lokasi yang rawan kebakaran, lakukan himbauan agar masyarakat paham,” tambahnya.

Areal hutan diwilayah hukum Polres Kupang terbilang sedikit yaitu hanya 288.397 ha, namun sebaliknya pemanfaatan lahan untuk areal pertanian cukup tinggi karena masyarakat Kabupaten Kupang mayoritas hidup sebagai petani. Kebiasan bertani secara tradisional juga masih kerap digunakan, misalnya bertani secara nomaden atau berpindah-pindah, ini menjadi salah satu pencetus kebakaran.

Secara geografis  wilayah Kabupaten Kupang didominasi oleh lahan kering dan beriklim panas yang apabila musim kemarau akan mudah terbakar.

Faktor-faktor inilah yang menjadi priorotas pelaksanaan operasi kepolisian ini dengan penanggung jawab utama Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H

Kegiatan Latihan Pra Operasi Bina Karuna Turangga 2022 ini dihadiri oleh Wakapolres  Kupang Kompol Tri Joko Biyantoro, S.Sos, Kabagops Polres Kupang AKP Yulianus Lau, Kasat Binmas Polres Kupang Iptu Daeng Jumadi, Kasat Intel Polres Kupang IPTU Soleman Y. A Kolloh serta para perwira dan bintara yang ditunjuk  dalam operasi.#Ss