Calon PMI Yang Dicegah Polres Kupang, Hari Ini Diserahkan ke Dinas Tenaga Kerja Provinsi NTT

Calon PMI Yang Dicegah Polres Kupang, Hari Ini Diserahkan ke Dinas Tenaga Kerja Provinsi NTT

tribratanewskupang.com,---Calon Pekerja Migran Indonesia asal Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Kupang yang dicegah keberangkatannya oleh Polres Kupang pada hari Sabtu (30/3) lalu, kini diserahkan ke Dinas Tenaga Kerja Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hal ini dilakukan usai penyidik Satuan Reserse dan Kriminal melakukan serangkaian upaya penyelidikan.

Penyerahan dilakukan diruang pemeriksaan Unit Tipidter Satreskrim Polres Kupang oleh Kasat Reskrim Polres Kupang Iptu Yeni Setiono, S.H dan diterima Kepala Seksi Penempatan, Pembinaan dan Pemagangan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Propinsi NTT Ketut Supiastra.

Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H melalui Kasat Reskrim Polres Kupang Iptu Yeni Setiono, S.H membenarkan adanya penyerahan para calon PMI ke Dinas Tenaga Kerja Provinsi Nusa Tenggara Timur.

" Ya kami sudah serahkan semuanya agar bisa dilakukan upaya khusus oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Nusa Tenggara Timur, " terangnya.

Masih menurut Iptu Yeni, proses penyerahan para calon PMI ke Dinas Tenaga Kerja Provinsi NTT tidak menggugurkan proses penyelidikan yang dilakukan pihak Kepolisian.

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Penempatan, Pembinaan dan Pemagangan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Propinsi NTT Ketut Supiastra mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Kupang atas langkah tegas yang dilakukannya terhadap para calon PMI yang dicegah kebarangkatannya, dan pihaknya akan melakukan upaya-upaya khusus terkait prosedural ketenagakerjaan yang sesuai ketentuan yang berlaku.

" Ya, sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas upaya tegas dari Polres Kupang yang telah mencegah keberangkatan para calon PMI. Dan terhadap mereka kami akan lakukan upaya-upaya khusus terkait ketenagakerjaan guna melindungi mereka serta memberikan jaminan  keselamatan selama mereka melakukan pekerjaan baik diluar negeri maupun dalam negeri, " ujarnya.

Usai dilakukan serah terima, para calon PMI diberangkatkan ke Dinas Tenaga Kerja Provinsi NTT bersama dengan anggota keluarganya dengan dikawal Staf Dinas Tenaga Kerja Provinsi NTT.#Ss