Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2024 Dihadiri Bupati Kupang dan Stakeholder

Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2024 Dihadiri Bupati Kupang dan Stakeholder

tribratanewskupang.com,---Upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2024 Polres Kupang turut dihadiri Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno dan seluruh Stakeholder.

Upacara yang digelar di Lapangan Apel Polres Kupang Rabu (3/4) pagi ini, dipimpin langsung Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H yang dihadiri seluruh personil Polres Kupang, personil TNI, Polisi Pamong Praja dan stakeholder Operasi Ketupat Turangga 2024.

Dalam amanatnya Kapolres Agung membacakan kembali amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang menyatakan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

"Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, " terangnya.

Lebih lanjut ia menggambarkan bahwa penanganan arus mudik tahun 2023 lalu telah mendapat tempat dihati masyarakat karena berhasil dengan baik dengan tingkat kepuasan mencapai 89,5 % namun tahun ini pergerakan masyarakat  diprediksi mencapai 193,6 juta orang (sesuai survei Kemenhub RI tahun 2024).

Mengantisipasi meledaknya jumlah pemudik di Kabupaten Kupang, Kapolres Agung telah menyiapkan tiga pos khusus yang terdiri dari Pos Pelayanan Bolok, Pos Terpadu Oesao dan Pos Pengamanan Noelbaki.

Dari ketiga pos inilah anggota satgas yang terdiri dari Polri, TNI, Dinas Kesehatan, SARNAS dan Polisi Pamong Praja serta Dinas Perhubungan memantau setiap pergerakan orang bersama moda angkutan yang digunakan.

Menutupi amanatnya Kapolres Agung meminta semua personil Polres Kupang, satgas yang tergabung dan para stakeholder untuk mempersiapkan pos yangbada secara matang  dan mampu memberikan pelayanan yang prima dan pengamanan yang optimal sehingga masyarakat dapat merasakan mudik aman, ceria, penuh makna. Diharapkan pula agar momentum hari raya Idul fitri 1445 H dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.#Ss