Tanam Puluhan Anakan Pohon Dihalaman Gereja St. Petrus Batu Karang Liman, Bukti Polres Kupang Peduli Lingkungan Hidup

Tanam Puluhan Anakan Pohon Dihalaman Gereja St. Petrus Batu Karang Liman, Bukti Polres Kupang Peduli Lingkungan Hidup
Tanam Puluhan Anakan Pohon Dihalaman Gereja St. Petrus Batu Karang Liman, Bukti Polres Kupang Peduli Lingkungan Hidup

tribratanewskupang.com,---Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Kupang melaksanakan kegiatan penanaman pohon dihalaman Gereja Stasi St. Petrus Batu Karang Liman, Desa Uitiuh Tuan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (25/6) siang. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan serta memperkuat hubungan antara Polri dan masyarakat setempat.

Acara penanaman pohon ini dihadiri oleh Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata yang diwakilkan kepada Kabagops Polres Kupang AKP  Made Kumara didampingi para PJU Polres Kupang, serta personil Polres Kupang dan Polsek Semau.

Kapolres Agung mengungkapkan bahwa Polri wajib memberi contoh kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sebagai bagian dari tanggung jawab bersama. "Penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan. Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan alam demi masa depan yang lebih baik," ujar Kapolres disela-disela kunjungan Kapolda NTT di Desa Uitao Kecamatan Semau Kabupaten Kupang hari Selasa (25/6) pagi.

Adapun jenis pohon yang ditanam kali adalah Cendana, kelapa, mangga, dan jeruk, yang dipilih sesuai kondisi tanah berpasir karena lokasi halaman gereja tersebut berada pada lokasi bibir pantai wisata Liman.

Sekitar 35 bibit pohon ditanam disekitar area Stasi St. Petrus Batu Karang Liman, yang diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan sekitar.

Selain penanaman pohon, acara ini juga diisi dengan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan cara merawat pohon yang telah ditanam. Para anggota Polres Kupang bersama petugas gereja dengan semangat dan antusias mengikuti setiap tahap kegiatan, mulai dari persiapan lahan hingga penanaman bibit pohon.

Pastor Stasi St.Petrus Batu Karang Liman RD Philipus Philics, Pr, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. "Kami sangat berterima kasih kepada Polres Kupang yang telah menginisiasi kegiatan penanaman pohon ini. Ini adalah langkah positif untuk menjaga kelestarian lingkungan gereja kami dan memberikan manfaat masa depan karena gereja ini sangat tandus dan kering," ujarnya.

Selain itu, Kapolres Kupang juga berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan instansi lainnya untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan. "Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi semua pihak untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan menanam pohon hari ini, kita menanam harapan untuk masa depan yang lebih hijau dan sehat," tambahnya.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Polres Kupang dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-78. Melalui berbagai kegiatan sosial dan lingkungan, Polres Kupang berkomitmen untuk terus mendekatkan diri dengan masyarakat dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar.#Ss