Polres Kupang Gelar Latihan Dalmas Dalam Rangka Pengamanan Pilkades Se Kabupaten Kupang

Polres Kupang Gelar Latihan Dalmas Dalam Rangka Pengamanan Pilkades Se Kabupaten Kupang

Tribratanewskupang  ---  Sebagai langkah persiapan dalam mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten Kupang tahun 2021, Polres Kupang rutin menggelar latihan Pengendalian Massa ( Dalmas ) dalam rangka untuk menanggulangi adanya potensi aksi kerusuhan massa yang dapat mengganggu stabilitas situasi kamtibmas.

Latihan kali ini dipimpin langsung oleh KBO Sat Samapta Polres Kupang IPDA Anderias Bessie  yang dan diikuti oleh seluruh personel Satuan Samapta Polres Kupang, bertempat di lapangan Mapolres Kupang, Kamis 18 November 2021 pukul 09.30 Wita.


Dalmas adalah pasukan Polri yang dipersiapkan dan dilatih secara khusus untuk menangani gangguan kamtibmas dan kejahatan yang bersifat massal. Untuk menghindari adanya penyimpangan dan pelanggaran HAM dalam pelaksanaan tugas mengendalikan massa, pasukan Dalmas dilatih secara khusus tentang pengetahuan bagaimana cara mengendalikan massa, melokalisir, mengevakuasi dan membubarkan massa dengan aman dan tertib tanpa menimbulkan korban.


Kapolres Kupang AKBP ALDINAN RJH MANURUNG, SH.,SIK.,M.SI melalui Kasat Samapta mengatakan bahwa latihan ini berguna sebagai gambaran kepada seluruh anggota Dalmas Polres Kupang agar mengetahui gerakan dasar, formasi dan pola tindak yang seragam dalam menghadapi massa. 

"Dengan latihan rutin, setiap anggota Polri khususnya pasukan Dalmas dapat secara profesional dan mahir dalam melaksanakan tugas dan mengetahui Teknik serta Taktik maupun prosedur tindakan dalam pengendalian massa di lapangan," terang Kasat Sabhara.

“Selain itu, latihan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan anggota Dalmas Sat Samapta Polres Kupang dalam menghadapi adanya unjuk rasa dalam skala besar guna mengantisipasi kemungkinan terburuk jelang PIlkades serentak tahun 2021,” jelasnya.