Polres Kupang Berhasil Amankan Aksi Unjuk Rasa Damai Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Peduli Masyarakat Kabupaten Kupang di Kantor Bupati Kupang

Polres Kupang Berhasil Amankan Aksi Unjuk Rasa Damai Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Peduli Masyarakat Kabupaten Kupang di Kantor Bupati Kupang

tribratanewskupang.com, --- Kepolisian Resor Kupang berhasil mengamankan aksi unjuk rasa Damai menuntut Transparansi Pencairan Dana Bantuan Badai Siklon Seroja serta penyalahgunaan Dana Desa yang dilakukan oleh Perhimpunan Mahasiswa  Kabupaten Kupang bersama pemuda dan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Peduli Masyarakat Kabupaten Kupang yang berlangsung di Kantor Bupati Kupang  pada hari Jumat (16/9/2022) siang ini.

Aksi unjuk rasa yang sempat terjadi gesekan dengan anggota Polisi Pamong Praja ini berhasil kembali aman setelah  kelompok pendemo diberi ruang beraudiens dengan Bupati Kupang untuk  menuntut bupati Kupang mencopot jabatan Kepala BPBD Kabupaten Kupang yang dinilai tidak becus menangani bantuan seroja yang terjadi pada tahun 2021 di Kabupaten Kupang serta penggunaan dana Desa yang banyak terindikasi disalahgunakan.

Kelompok pendemo yang berjumlah sekitar 51 orang ini dipimpin oleh Melianus Alopada akhirnya diterima langsung oleh Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno, di Aula Kantor Bupati Kupang dengan didampingi pejabat terkait untuk menjelaskan secara rinci permasalah yang sebenarnya terjadi terkait Bantuan Seroja tahun 2021 lalu.

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H membenarkan adanya aksi unjuk rasa damai tersebut namun pihaknya telah melakukan antisipasi mencegah segala kemungkinan yang terjadi saat pelaksanaan unjuk rasa sehingga tidak terjadi aksi anarkis dilapangan.

" Benar, aksi unjuk rasa damai tersebut terjadi di kantor Bupati Kupang  dan Puji Tuhan aksi hari ini berjalan lancar dan aman, " terang  Kapolres Irwan.

" Personil Polres Kupang telah melakukan pengamanan dan hingga saat ini situasi berlangsung damai, "tambahnya.

Dengan diwakili oleh Kabagops Polres Kupang AKP Yulianus Lau, personil yang tersprin berjumlah 50 personil  terlihat begitu siaga mengamankan aksi unjuk rasa dengan di back up personil Polisi Pamong Praja dan personil TNI-AD dari Koramil 1604-02 Camplong. Seusai menggelar aksi damai di kantor Bupati Kupang massa pendemo menuju ke kantor DPRD Kabupaten Kupang.

Kelompok ini diterima oleh anggota dewan Desy Ballo, Dominggus Atimeta, Mesak Mbura dan Anton Natu serta Sekretaris Dewan Kabupaten Kupang Kusuma Effendi guna menyampaikan tuntutan yang sama.

Hingga aksi berakhir situasi terpantau aman terkendali.

Turut hadir dalam aksi pengamanan ini Pabung Letkol Parade Napitupulu, Kasat Binmas Polres Kupang Iptu Daeng Jumadi, Kasubagdalops AKP I Putu Samiada,Kapolsek Kupang Timur Iptu Joni Lapuisaly serta Perwira  dan bintara yang tersprin.#Ss