Operasi Bina KarunaTurangga 2022 Polres Kupang, Menyasar Siswa SMA

Operasi Bina KarunaTurangga 2022 Polres Kupang, Menyasar Siswa SMA
Kapolres Kupang AKBP FX.Irwan Arianto,S.I.K, M.H saat memberikan arahan kepada seluruh personil yang tergabung dalam Operasi Bina Karuna Turangga 2022 Polres Kupang

tribratanews.kupang,---Operasi Bina Karuna Turangga 2022 yang digelar Polres Kupang sudah berjalan hampir sepekan.

Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H dalam arahannya pada Apel Pagi Senin (8/8/2022) menekankan keseriusan anggota dalam menjalankan OPerasi Bina Karuna Turangga 2022.

" Saya meminta personil yang tergabung dalam Operasi Bina Karuna untuk lebih giat lagi menjalankan kegiatan Operasi, sekarang kita sudah memasuki musim kemarau panjang," tegas Kapolres Irwan. 

Dalam sepekan berjalan tim yang tergabung dalam operasi, telah menggelar berbagai kegiatan  guna tercapainya tujuan operasi. Adapun operasi yang dilakukan diprioritaskan pada tiga aspek utama yaitu Bimbingan dan Penyuluhan (binluh), kriminalitas  dan deteksi dini.

Nampak pada gambar diatas,  Satuan Binmas Polres Kupang mendatangi SMAN 3 Kupang Timur guna melakukan Bimbingan dan Penyuluhan terkait Kebakaran Hutan dan Lahan yang kerap terjadi dihampir seluruh wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Kupang setiap tahun hingga tahun 2022.

Dalam binluh yang diberikan, Kasat Binmas Polres Kupang IPTU Daeng Jumadi didampingi KBO Satuan Binmas IPDA Ferry Natu, menyosialisasikan Undang Undang No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Dalam penjelasanya diuraikan pasal 78 ayat 3 yang berbunyi Barang siapa dengan sengaja melakukan pembakaran hutan yang dapat menimbulkan kerugian bagi banyak orang maka akan dipidana 15 tahun penjara atau denda 5 miliar rupiah.

Binluh yang diberikan diterima dengan baik oleh para siswa dan mereka memahami aturan hukum terkait kebakaran hutan.

" Kami sudah mulai paham dengan adanya sosialisai yang diberikan, ternyata membakar hutan ada sangsi hukumnya," papar Riana salah satu siswi peserta binluh.

"Kami amat berterimakasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan, kepada Kepala Sekolah dan segenap guru di SMA 3 Kupang Timur, semoga tujuan kami melakukan binluh disini membuahkan hasil yang baik," terang Iptu Daeng.

Kegiatan binluh berlangsung aman dan lancar. Seusai kegiatan tim operasi melakukan patroli ke Wilayah Hutan Lindung Sisimeni Sanam yang terletak di Desa Kotabes Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.#Ss