Kapolres Kupang Lantik Kabagren dan Serahterimakan Enam Kapolsek Jajaran

Kapolres Kupang Lantik Kabagren dan Serahterimakan Enam Kapolsek Jajaran

tribratanewskupang.com, – Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., memimpin upacara pelantikan Kepala Bagian Perencanaan (Kabagren) Polres Kupang serta serah terima jabatan enam Kapolsek jajaran, bertempat di Lapangan Apel Polres Kupang pada Kamis (10/10) petang.

Dalam upacara tersebut, AKBP Agung melantik pejabat baru Kabagren Polres Kupang serta melakukan serah terima jabatan enam Kapolsek jajaran Polres Kupang, yakni Kapolsek Amarasi, Kapolsek Amfoang Timur, Kapolsek Sulamu, Kapolsek Amabi Oefeto Timur, Kapolsek Takari dan Kapolsek Kupang Barat.

Jabatan Kabagren Polres Kupang yang selama ini kosong akhirnya diisi oleh AKP Daeng Jumadi, S.H yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Lembata.

Sedangkan kelima Kapolsek yang diserahterimakan tersebut adalah Kapolsek Sulamu Ipda Bartoanus Lera Apelaby digantikan oleh Ipda Yorim Esli Padabain, S.E yang sebelumnya menjabat sebagai Kaurrensubbagrenmin Ditbinmas Polda NTT dan  Ipda Bartoanus menduduki jabatan yang dilepas Ipda Yorim.

Kapolsek Amabi Oefeto Timur Iptu Yermi I.Lesitona digantikan oleh Ipda Christian Samuel Sodak, S.Pi yang sebelumnya menjabat sebagai Paur Subbagdalops Bagops Polres Kupang dan Iptu Yermi menduduki jabatan yang ditinggalkan Ipda Christian.

Kapolsek Takari Iptu Victor Arianto Nenotek digantikan oleh mantan Kapolsek Kupang Barat Ipda Fardan Adi Nugroho, S.Tr.K, sedangkan Iptu Victor menjabat sebagai Kasubbagbinops Bagops Polres Kupang. Sedangkan jabatan Kapolsek Kupang Barat diisi oleh Ipda Syamsudin Noor yang sebelumnya menjabat sebagai Ka SPKT Polres Sumba Timur.

Jabatan Kapolsek Amarasi hanya bertukar posisi antara Iptu Jemmy Oktovianus Sigakole yang sebelumnya menjabat Kapolsek Amfoang Timur dengan Ipda Thomas M.W. Radiena, S.H., M.H yang sebelumnya menjabat Kapolsek Amarasi.

Dalam sambutannya, Kapolres Kupang menyampaikan apresiasi kepada para pejabat yang telah menyelesaikan tugas mereka dengan dedikasi tinggi. Mantan Kapolres Sumba Barat ini juga menekankan bahwa rotasi dan mutasi di tubuh kepolisian merupakan bagian dari upaya penyegaran organisasi, serta untuk meningkatkan efektivitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian, terutama menjelang Pilkada Serentak 2024.

"Serah terima jabatan ini bukan hanya sebagai bentuk regenerasi, namun juga diharapkan mampu memberikan semangat baru dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah masing-masing," ujar Kapolres dalam sambutannya.

AKBP Agung juga memberikan arahan kepada para pejabat yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan tugas dan tanggung jawab di wilayah mereka masing-masing. "Tantangan ke depan, terutama dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024, memerlukan kesiapan dan koordinasi yang baik dengan seluruh unsur terkait. Saya harap para Kapolsek yang baru dilantik mampu menjaga situasi kamtibmas dengan baik dan melayani masyarakat dengan profesional," tambahnya.

Pelantikan dan serah terima jabatan ini diakhiri dengan prosesi penandatanganan berita acara dan pemberian ucapan selamat kepada para pejabat baru. Kapolres juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara semua pihak, termasuk TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat, dalam menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Kupang.

Dengan rotasi ini, Polres Kupang diharapkan dapat semakin solid dan siap dalam mengemban tugas pengamanan di tengah tantangan dinamika sosial politik, khususnya terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang sudah semakin dekat.#Ss