Kapolda NTT Buka Kejurda Inkanas Tahun 2023

Kapolda NTT Buka Kejurda Inkanas Tahun 2023

Tribratanewskupangkota.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, secara resmi membuka Kejuaraan Daerah Institut Karate-Do Nasional (Kejurda Inkanas) Piala Kapolda NTT Tahun 2023, yang berlangsung di Atrium Lippo Plaza Kupang, Sabtu (5/8/2023).

Hadir dalam upacara pembukaan, diantaranya Irwasda Polda NTT Kombes Pol. I Made Sunarta, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, Pejabat utama di lingkungan Polda NTT, Dewan Juri Inkanas dan seluruh komtingen peserta bersama official.

Diawali dengan laporan Ketua kontingen kepada Kapolda NTT, selaku Ketua Umum Inkanas Provinsi NTT, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan Ketua Panitia Pelaksanaan, yakni Kapolresta Kupang Kota, yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Inkanas Provinsi NTT.

Dalam laporannya, Kapolresta Kupang Kota menyampaikan, penyelenggaraan Kejurda Inkanas adalah berdasarkan AD/ART Inkanas, program pengurus besar Inkanas Tahun 2023, program kerja pengurus daerah Inkanas NTT Tahun 2023, dan berdasarkan surat keputusan panitia pelaksana kejurda piala Kapolda NTT Tahun 2023.

Lanjutnya, tujuan pelaksanaan kejurda Inkanas NTT, yakni membentuk dan membina generasi muda melalui cabang olahraga karate dalam meningkatkan SDM.

Selain itu, untuk terus meningkatkan mutu dan prestasi karate di NTT agar dapat bersaing dalam event lokal maupun nasional, serta sebagai ajang pembinaan yang berjenjang dan berkelanjutan.

Sambutan Kapolda NTT, bahwa olahraga karate merupakan salah satu cabang olahraga yang juga terkenal di dunia. "Karate bukan hanya mengenal bela diri saja, namun ada filosofi yang sangat kuat, yaitu karateka adalah seorang ksatria yang selalu berbuat baik, berbuat kebenaran, dan melindungi orang lemah", ungkap Kapolda NTT.

Sambungnya, karateka bukan hanya melatih fisik, namun juga belajar dengan menggunakan akal pikiran sehingga menjadi cerdas, yang tentunya akan dipergunakan saat bertanding nantinya.

"Seorang karateka selalu sportif, dalam meraih prestasi. Yang belum berhasil, terus tingkatkan kemampuan, baik fisik, teknik dan taktik, sehingga bisa meraih kemenangan, dan bukan hanya di daerah saja namun sampai ke tingkat nasional, dengan meraih juara, seperti PON dan Sea Games", kata orang nomor satu di Polda NTT tersebut.

Kapolda NTT kemudian sedikit bercerita tentang kisah masa lalunya sebagai seorang atlet tinju, dimana dia berlatih dengan keras, meraih kemampuan dan keterampilan untuk menggapai kemenangan.

Selanjutnya penampilan peragaan karate dari salah seorang peserta, kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama Kapolda NTT dan seluruh atlet dari masing-masing daerah. #Ss