Kapal Fery Cepat Express Cantika 77 terbakar di Perairan Naikliu, Gabungan SAR-TNI dan Polri Lakukan Evakuasi

Kapal Fery Cepat Express Cantika 77 terbakar di Perairan Naikliu, Gabungan SAR-TNI dan Polri Lakukan Evakuasi

tribratanewskupang.com,---Kapal Fery Cepat Express Cantika 77 yang terbakar dalam pelayaran Kupang-Kalabahi-Alor NTT kini penumpangnya sedang dievakuasi petugas Basarnas dan gabungan TNI-Polri, Senin (24/10/2022) petang dan masih berlangsung hingga malam ini.

Kapolres Kupang menjelaskan bahwa Kapal cepat tersebut terbakar disekitar peraian Naikliu dalam pelayaran menuju Kalabahi Kabupaten Alor dan saat ini sedang dalam upaya evakuasi.

" Benar, Kapal Cepat Cantika  77 terbakar disekitar perairan Naikliu dan ada beberapa penumpang ditolong oleh warga bersama anggota Polsek Amfoang Utara, "terangnya.

Namun menurutnya belum diketahui dengan pasti berapa penumpang secara keseluruhan dan penyebab kebakaran kapal yang sedang berlayar tersebut. Data sementara yang dihimpunnya hingga pukul 19.30 Wita penumpang selamat sebanyak 161 penumpang dan 3 (tiga) orang meninggal dunia.

" Belum diketahui dengan pasti berapa jumlah penumpang serta penyebab terbakarnya kapal tersebut, namun yang selamat ada 161 orang, 3 orang meninggal dunia," tambahnya.

Nampak dalam beberapa data gambar yang dipantau media ini, beberapa korban sudah diselamatkan dan hingga saat ini belum diketahui pasti data penumpang yang diangkut kapal tersebut serta korban yang meninggal dunia secara keseluruhan selain 3 orang yang disebutkan diatas.

Informasi yang diperoleh dari Humas SAR Kupang menyebutkan tim SAR saat ini sedang melakukan evakuasi para penumpang Cantika 77 yang menurut data manifes berjumlah 167 (seratus enam puluh tujuh) orang serta 9 orang  kru kapal dan 4 (empat) orang karyawan kantin, dengan menggunakan kapal KN SAR Antareja dibantu nelayan setempat bersama TNI-Polri yang bertugas di Amfoang Utara.

Beberapa saksi mata menyaksikan sejumlah penumpang yang mengenakan pelampung meloncat dari kapal dan terombang-ambing di laut dan ada yang berenang menuju tepian setelah pada bagian depan kapal api mulai membesar.

Menurut Kapolres Irwan, data yang valid akan dikoordinasikan dengan tim SAR Kupang  guna tidak menimbulkan ambigu dalam kevalidan data yang diberikan namun pihaknya telah membangun Posko bagi penumpang kapal Cantika 77 di Naikliu bekerja sama dengan Pemda, Camat  dan Puskesmas Naikliu serta TNI-AL.

"Untuk data yang lebih valid kami akan koordinasi dengan Tim SAR, mohon bersabar,namun kami menyiapkan posko bagi penumpang korban kapal terbakar tersebut" terangnya.# Ss