Buaya Muara Patuaok ditangkap tim BBKSDAE Provinsi NTT, Warga Kini bisa Bernapas Lega

Buaya Muara Patuaok  ditangkap tim BBKSDAE Provinsi NTT, Warga Kini bisa Bernapas Lega
Tim dari BBKSDAE bersama Bripka Nikolaus Yupin mengevakuasi buaya yang sudah berhasil ditangkap di Muara Patuoak

tribratanewskupang.com, ---Kabar gembira bagi warga Desa Afoan Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, setelah seekor buaya dengan panjang 2,2 meter dan berat sekitar 100 kilogram ditangkap di Muara Patuaok Desa Afoan Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan dipindahkan oleh tim dari BBKSDAE (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem) Provinsi NTT, Selasa (1/11/2022) malam.

Upaya penangkapan Reptil Raksasa penghuni Muara Patuaok ini memakan waktu yang cukup lama. Sejak sore hari persiapan penangkapan sudah dilakukan dan menunggu hingga tengah malam baru bisa tertangkap.

Tim yang dipimpin oleh Thedorus Nim Tefa ini menggunakan Tali Snar Bite dan umpanan berupa seekor ayam.  Dengan dibantu aparat Polsek Amfoang Utara serta warga masyarakat  buaya akhirnya  bisa ditangkap dan menurut rencana akan dievakuasi ke Balai Konservasi yang telah disiapkan BBKSDAE Provinsi NTT di Kota Kupang.

Upaya penangkapan yang dilakukan merupakan inisiatif dari warga masyarakat  setempat setelah beberapa kali buaya tersebut muncul di Muara Patuaok dan Muara Binasuh Desa Afoan yang mana lokasi muara tersebut sering dilintasi warga dalam aktivitas kesehariannya. Melalui Bhabinkamtibmas Desa Afoan Aipda Fidelis Kotan warga melaporkan kejadian tersebut. Oleh Aipda Fidelis keluhan masyarakat ini dilaporkan ke BBKSDAE Provinsi NTT melalui Ibu Lidya Tesa.

Merespon laporan tersebut tim dari BBKSDAE mendatangi lokasi dan melakukan operasi  penangkapan selama 3 hari dan berlangsung hingga Kamis (3/11/2022).
Dari Operasi ini sudah berhasil ditangkap satu ekor buaya dan masih melakukan operasi hingga Kamis besok.

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H membenarkan adanya operasi penangkapan buaya tersebut dan ia memberikan apresiasi atas upaya BBKSDAE Provinsi NTT yang telah memberikan rasa aman bagi warga Desa Afoan.
" Benar operasi ini sedang dilaksanakan dan saya memberikan apresiasi atas upaya tersebut yang bisa memberikan rasa aman pada warga masyarakat," jelasnya.

Hingga  berita ini diterbitkan, tim dari BBKSDAE Provinsi NTT masih berada di lokasi muara melakukan pencarian dan penangkapan buaya yang telah meresahkan warga setempat  yang diduga masih banyak dan sedang bersembunyi. #Ss