Tak Ada Lagi Angka 8, Uji Praktek SIM di Polres Kupang Lebih Mudah

Tak Ada Lagi Angka 8, Uji Praktek SIM di Polres Kupang Lebih Mudah
dok :Lantas Polres Kupang

tribratanewskupang.com,---Sesuai petunjuk Korlantas Polri materi uji praktik Surat Ijin Mengemudi di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kupang kini diubah. Pemohon SIM tidak lagi diuji dengan mengitari angka delapan maupun zig-zag.

Perubahan ini dilakukan sesuai instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang meminta jajarannya untuk mengkaji ulang materi ujian praktik SIM.



Pantauan tribratanewskupang.com hari Jumat |(18/8/2023) siang, layout lapangan ujian praktik SIM C kini telah berubah total, uji materi tes zig-zag atau slalom juga sudah dihapus.

Materi uji yang semula membentuk angka delapan digantikan dengan uji membentuk huruf S. Lebar lintasan juga diperbesar dari ukuran lama yang  hanya 1,5 kali lebar kendaraan kini diubah menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

Dari layout yang digambarkan, pemohon SIM khususnya SIM C akan mengawali ujian praktik dari lintasan lurus dimana ditempat tersebut ada tulisan 'REM' dengan kotak kuning untuk menguji kepekaan pemotor dalam melakukan pengereman sampai berhenti yang ditandai dengan tulisan 'STOP'.

Dari tes pengereman, materi ujian SIM selanjutnya adalah melakukan manuver u-turn atau semacam putar arah. Kemudian berlanjut ke manuver berbentuk huruf S. Setelah itu melakukan manuver tikungan lain. Terakhir, ada pengujian pengereman lagi dengan dua arah tujuan berhenti kiri dan kanan. Tampaknya materi terakhir adalah menguji kepekaan pemotor untuk melakukan pengereman menghindar ke kiri atau ke kanan.



Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K.,M.H membenarkan adanya perubahan materi uji praktek ini sesuai petunjuk Korlantas Polri, ia pun berharap agar masyarakat agar jangan takut mengurus SIM di Polres Kupang.

" Ya sesuai petunjuk dari Korlantas Polri, kami sudah menyesuaikan. Kiranya materi uji praktek ini bisa memudahkan masyarakat, " terangnya.

" Kami berharap masyarakat jangan takut urus SIM di Polres Kupang, " tambahnya.

Materi baru ujian praktik SIM ini sudah mulai diberlakukan bertempat di halaman belakang kantor Satlantas Polres Kupang di Jalan Timor Raya km. 25 Kelurahan Babau Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.#Ss