Semarakan Hari Bhakti TNI-AU ke-76, Kapolres Kupang Hadiri Upacara di Shelter Sukhoi Lanud El Tari Kupang

Semarakan Hari Bhakti TNI-AU ke-76, Kapolres Kupang Hadiri Upacara di Shelter Sukhoi Lanud El Tari Kupang

tribratanewskupang.com,---Dalam rangka menyemarakan Hari Bhakti TNI-AU ke-76, Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H menghadiri upacara peringatan yang berlangsung di Shelter Sukhoi Lanud El Tari Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (29/7/2023) pagi. 

Bersama pada pimpinan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta serta TNI-Polri, Kapolres Agung bersama segenap PJU dari berbagai kesatuan, turut ambil bagian dalam kesempatan berbahagia ini. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Lanud El Tari Kupang, Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan. 

Mewakili instansi Polri khususnya Polda NTT Kapolres Agung mengucapkan selamat dan berterimakasih atas dedikasi, profesionalitas dan loyalitas personil  TNI-AU yang telah memelihara keamanan dirgantara demi keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia selama ini.

" Mewakili Polri khususnya Polda NTT dan Polres Kupang saya mengucapkan Selamat Hari Bhakti TNI-AU ke-74 tahun 2023, dedikasi, profesionalitas dan loyalitas yang ditunjukan prajurit TNI-AU selama ini telah membawa keutuhan kedaulatan NKRI terkhususnya wilayah perbatasan dengan Republic Democratic Timor Leste, " ungkapnya.

Upacara yang digelar dalam rangka mengenang peristiwa jatuhnya pesawat Dakota VT-CL saat mengangkut bantuan obat-obatan dari Palang Merah Malaya pada 29 Juli 1947 yang ditembak oleh pesawat P-40 Kittyhawk Belanda, sesaat sebelum mendarat di Lapangan Terbang Maguwo (Lanud Adi Sutjipto). Peristiwa ini mengakibatkan gugurnya tiga putra terbaik bangsa perintis Angkatan Udara, yaitu Komodor Muda Udara Adisucipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara I Adisumarmo Wiryokusumo.

Kegiatan upacara ini digelar dalam suasana aman dan lancar dilanjutkan dengan acara ramah tamah dalam nuansa kekeluargaan.