Semarakan Hari Bakti Rimbawan ke-41 Kapolres Kupang Hadiri Penanaman Anakan Mangrove di Desa Tanah Merah

Semarakan Hari Bakti Rimbawan ke-41 Kapolres Kupang Hadiri Penanaman  Anakan Mangrove di Desa Tanah Merah
Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H saat menghadiri acara penanaman anakan mangrove di Pantai Oebelo Kecil dalam rangka hari Bakti Rimbawan ke-41 tahun 2024

tribratanewskupang.com,---Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H bersama puluhan personil Polres Kupang turut berpartisipasi dalam penanaman ribuan anakan Mangrove di Pantai Oebelo Kecil Desa Tanah Merah Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (7/3) pagi.

Kegiatan yang digelar dalam rangka hari Bakti Rimbawan ke-41 tahun 2024 merupakan kegiatan yang berskala nasional menindaklanjuti arahan presiden bahwa penanaman pohon ini akan terus dilakukan dalam rangka meminimalisir pemanasan global dan mencegah banjir  serta menindak lanjuti pertemuan Internasional COP 28 di Dubai, Uni Emirate Arab tanggal 4 Desember 2023 lalu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh PT. PLN dan PT. Pertamina bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTT dengan jumlah anakan pohon mangrove jenis Rhizopora yang ditanam sebanyak 1500 pohon.

Dalam kegiatan ini Kapolres Agung serta beberapa tamu undangan dikalungi selendang oleh panitia serta pemberian piagam penghargaan kepada masyarakat dan penandatanganan Komitmen Bersama Tanggungjawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Turut hadir Staf Ahli Menteri  Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Bpk. Dr. Tasdiyanto Rohadi, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, I Gede Agung  Sindu Putra, Corporate Secretary PT. Pertamina Persero, Brahmantya S. Poerwadi, Pj. Gubernur NTT Bpk. Ayodhia Gehak Lakunamang Kalake serta Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Dr. Nani Hendiarti, Wadir Samapta Polda NTT AKBP Joseph Mandagi., S.I.K, Danrem 161/WS Kupang Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes,SE.,MM, Dandim 1604 Kupang  Kol. Inf. Wiwit Jalu Wibowo, Dan lantamal 7 yang diwakili oleh Dan Yon Marhanlan Kupang Let Kol Marinir Haryadi Akhmur., M.Tr, Opsla, Kepala Kejaksaan Negeri Oelamasi yang diwakili oleh Kasi Pidum Pethers M. Mandala,SH, Camat Kupang Tengah Robianto Meok,SH, Kapolsek Kupang Tengah Iptu I Nyoman G. Mariana.,SH.,M.H, Kepala Desa Tanah Merah Lazarus Dilak serta masyarakat setempat.

Beberapa pekan sebelumnya, lokasi yang sama juga telah ditanami anakan Mangrove oleh Polres Kupang bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTT bekerja sama dengan Balai Pengelolahan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Noelmina  dalam rangka memeperingati Hari Lahan Basah Sedunia.

Kapolres Kupang usai menggelar kegiatan tersebut melalui tribratanewskupang.com mengajak seluruh komponen masyarakat untuk selalu berpartsipasi aktif dalam merawat alam guna mencegah dampak yang bisa merugikan masyarakat itu sendiri.

" Kegiatan hari ini sangat positif, beberapa kali kami  nersama masyarakat setempat lakukan hal yang sama disepanjang pantai ini mulai dari Pantai Sulamanda, semua untuk mencegah dampak yang bisa merugikan masyarakat itu sendiri, misalnya abrasi pantai, pemanasan global dan lain sebaginya. Mari kita berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, " harapnya.

Seluruh rangkaian kegiatan Penanaman pohon serentak seluruh Indonesia ini beralangsung aman dan lancar hingga pukul pukul 11.20 Wita.#Ss