Kapolres Kupang Dampingi Gubernur NTT tinjau Lokasi Bencana di Kabupaten Kupang

Kapolres Kupang Dampingi Gubernur NTT tinjau Lokasi Bencana di Kabupaten Kupang

tribratanewskupang.com,---Kepala Kepolisian  Resor Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H  turut mendampingi Gubernur NTT Ir. Viktor Bungtilu Laiskodat dan rombongan yang hendak memantau lokasi-lokasi bencana diwilayah Kabupaten Kupang, Rabu (4/1/2023) pagi.

Lokasi-lokasi yang didatangi Gubernur Viktor dimulai dari Desa Nunkurus dan Desa Oelatimo Kecamatan Kupang Timur, Desa Pariti Kecamatan Sulamu  dan Desa Tuakau dan Desa Naitae Kecamatan Fatuleu Barat Kabupaten Kupang.

Di Desa Nunkurus Gubernur dan rombongan diterima 156 Kepala keluarga korban luapan banjir sungai  Batu Merah sedangkan di Desa Oelatimo, ia memantau langsung kondisi Jembatan yang landasannya patah diterjang banjir tanggal 1  Januari 2023 lalu.

Di Desa Pariti Kecamtan Sulamu ia memantau Sungai Noelbiboko yang pada tanggal 25 Desember 2022 meluap menggenangi rumah warga di Dusun 1 hingga dusun 4. 

Selanjutnya ia menuju Kecamatan Fatuleu Barat  memantau langsung kondisi warga masyarakat desa Tuakau dan Desa Naitae yang saat ini mengungsi di kantor Desa Naitae karena rumah mereka rusak diterjang banjir sungai Siumate pada tanggal 28 Desember 2022 lalu.
Ia juga menyempatkan diri memantau Jembatan Sungai Siumate   yang letaknya tak jauh dari lokasi tersebut.

Dalam lawatannya ia membuka ruang dialog dengan warga yang terdampak bencana. 

Ia juga menyampaikan  upaya yang akan dilakukan  Pemerintah Propinsi NTT untuk membangun  bendungan guna menampung air dari sungai-sungai  yang ada sehingga pada musim penghujan tidak meluap seperti yang dialami tahun ini.

" Pemerintah Propinsi NTT akan mengupayakan pembangunan bendungan yang dapat menampung air sungai dan nantinya bisa dijadikan sumber pengairan  bagi masyarakat dimusim kemarau.

Kapolres Kupang mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan sehingga bisa memantau langsung kondisi masyarakat serta infrastruktur yang rusak akibat bencana banjir diawal tahun 2023.
" Saya mengucapkan terinaksih atas kunjungan yang dilakukan bapak Gubernur NTT, sehingga Pemprov NTT bisa mengetahui langsung kondisi masyarakat Kabupaten Kupang," terangnya
 
Bupati Kupang Drs Korinus Masneno dan wakil bupati Jerry Manafe, S.H, M.Th dan Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat juga hadir dalam kunjungan tersebut.

Pukul 13.00 Wita rombongan Gubernur meninggalkan lokasi dan kembali ke Kota Kupang.