Kapolres Kupang Beberkan Tips Pilkades Serentak Yang Aman dan Lancar

Kapolres Kupang Beberkan Tips Pilkades Serentak Yang Aman dan Lancar
Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H saat mengikuti Rapat Evaluasi Tahapan Pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Kupang

tribratanewskupang.com, ---Kepala Kepolisian Resor Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H membeberkan beberapa  tips Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2022 agar  aman dan lancar,  saat rapat Evaluasi Tahapan Pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Kupang di Aula Kantor Bupati Kupang, Selasa  (11/10/2022).

Rapat evaluasi yang dibuka secara resmi oleh Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno ini dimulai pukul 11.00 Wita dihadiri oleh  Forkopinda dan perwakilan Forkopinda  Kabupaten Kupang  serta panitia Pilkades Serentak 2022 tingkat Kabupaten Kupang.

Pemberi materi dalam  rapat evaluasi ini adalah Kepala Dinas  PMD Kabupaten Kupang Charles Panie.

Seusai pemaparan materi tentang tahapan Pilkades Serentak 2022, Kapolres Kupang diberi kesempatan pertama untuk menyampaikan saran dan pendapat.
Pada sesi inilah  ide-ide cemerlang Kapolres Irwan yang sarat pengalaman ini dituangkan dihadapan peserta rapat agar Pilkades yang dilaksanakan pada  74 desa di Kabupaten Kupang terhindar dari kecurangan yang berimbas pada gangguan kamtibmas baik saat pencoblosan maupun pasca pencoblosan.

Inti pemikirannya berfokus pada kenetralan dan integritas panitia baik tingkat Desa, Kecamatan maupun tingkat kabupaten.

Demi menjamin netralitas inilah mantan Kapolres Sumba Barat ini,  akan melakukan sebuah inovasi membangun sebuah Pakta Integritas baik pada kelompok panitia maupun para calon  kepala desa (Cakades).

Pakta Integritas inilah nantinya mencantumkan kesiapan panitia maupun para Cakades untuk melakukan Panca Siap yang terdiri dari  Siap Kalah, Siap Menang, Siang Menjaga Keamanan,  Siap diproses Hukum dan Siap menjaga Netralitas dan Integritas.

Selain ide ini, beliau juga menawarkan inovasi berupa sosialisasi Pencoblosan yang Benar kepada masyarakat yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian dengan bantuan para kepala desa dan tokoh masyarakat serta Bhabinkamtibmas di desa-desa.

Ide inipun diterima dan pihak PMD  serta panitia tingkat Kabupaten dan nantinya akan melakukan  upaya-upaya yang perlu demi menjawab harapan Kapolres Kupang ini.

"Saya akan memanggil para panitia baik tingkat desa, kecamatan  maupun tingkat Kabupaten serta calon kepala desa untuk menandatangani Pakta Integritas, " terang Kapolres Irwan.

Untuk diketahui bahwa Kabupaten Kupang akan melakukan  Pilkades Serentak tahun ini  pada hari Senin tanggal 7 November 2022. #Ss