Kapolda NTT Apresiasi Terselenggaranya Kegiatan People Smugling Cellebreate and Open Scource Intellegence Workshop

Kapolda NTT Apresiasi Terselenggaranya Kegiatan People Smugling Cellebreate and Open Scource Intellegence Workshop

Tribratanewsntt.com, - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M. Hum mengapresiasi kegiatan “People Smugling Cellebreate and open scource intelligence workshop” di Sotis Hotel Kupang, Senin (6/3/23).

Dalam kesempatan tersebut Kapolda NTT mengatakan bahwa kejahatan People Smugling merupakan jaringan horizontal yang tidak ada komando yang jelas, mereka bergerak secara bebas. 

“Biasanya para pelaku menggunakan jaringan sosial atau keluarga untuk memanfaatkan peluang. Ada beberapa modus yang dilakukan pelaku diantaranya menggunakan negara Indonesia sebagai negara transit sebelum diberangkatkan ke negara tujuannya seperti Australia, Malaysia dan New Zealand”jelas Kapolda NTT.

Para Imigran yang diselundupkan kebanyakan berasal dari Banglades, Myanmar, Srilanka, Afganistan, Nepal dan China. Mereka dibawah ke Indonesia melalui jalur tidak resmi yaitu laut dan kalis resmi udara.

Oleh karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para penyidik, maka Polda NTT mengikutsertakan penyidik dari Ditreskrimum Polda NTT, Penyidik Ditpolairud Polda NTT dan Penyidik Reskrim Polres Rote Ndao Polda NTT.

Kepada para peserta Kapolda NTT meminta agar mengikuti dan mengamplifikasi ilmu yang didapat terutama dalam memerangi tindak pidana penyelupan manusia (people Smugling).

“Jadikan Pelatihan ini sebagai forum bertanya untuk mencari solusi yang tepat atas permasalahan People Smugling”harapnya.

Dalam kesempatan tersebut jenderal bintang dua di jajaran Polda NTT ini mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada AFP (Australian Federal Police) atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada AFP yang sudah berkomitmen  terhadap pemerintah Indonesia dalam memberantas people Smugling, khususnya memperdalam pengetahuan petugas sebagai garda terdepan yang bertugas di daerah rawan di Indonesia. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi bekal dalam mengatasi permasalahan people Smugling” tandasnya