[Hoaks] Demo Mahasiswa Menuntut Presiden RI Jokowi Turun dari Jabatannya

[Hoaks] Demo Mahasiswa Menuntut Presiden RI Jokowi Turun dari Jabatannya

tribratanewskupang.com,---Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim bahwa terdapat demonstrasi mahasiswa yang menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia. Postingan tersebut juga memuat narasi yang bertuliskan “Menjerit Hati & menetes air mata melihat kondisi NKRI yg tidak lagi stabil karena PEMIMPIN yg tidak mau mengalah”.

Faktanya, demonstrasi mahasiswa yang termuat dalam unggahan video tersebut merupakan aksi para mahasiswa saat menolak dilakukannya revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) maupun pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) pada September 2019 lalu. Video itu sendiri diunggah oleh kanal Youtube milik CNN Indonesia dan telah ditonton hampir 14.500.000 kali oleh masyarakat.

Sampai saat ini, tidak ditemukan informasi yang kredibel tentang demonstrasi yang dilakukan oleh para mahasiswa yang menuntut Presiden Jokowi turun dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia.

Kesimpulan, video yang terdapat demonstrasi mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia adalah informasi yang tidak benar/ hoaks.#Ss

Sumber : tribratanews.polri.go.id