1000 Pohon Mangrove dan 100 Bayi Penyu Persembahan Polres Kupang Untuk Indonesia

1000 Pohon Mangrove dan 100 Bayi Penyu Persembahan Polres Kupang Untuk Indonesia
Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K.,M.H memimpin anggota Polres Kupang melakukan Penghijauan Pantai Sulamanda Desa Mata Air

tribratanewskupang.com,---Sebanyak seribu pohon anakan Mangrove dan seratus ekor bayi Penyu dipersembahkan Polres Kupang dalam acara Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini  yang berlangsung di Pantai Wisata Sulamanda Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Rabu (23/8/2023) pagi.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak diseluruh tanah air bersama Kapolri Drs. Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan para Kepala Kepolisian Negara-negara ASEAN yang ditayangkan langsung dari Pulau Rinca Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Memilih lokasi wisata Pantai Sulamanda Polres Kupang berhasil menanam anakan mangrove sepanjang bibir pantai mulai dari Pantai Sulamanda hingga Dusun Kelapa Tinggi yang berjarak sekitar 500 meter bersama dengan masyarakat, LSM dan mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana Kupang.

Pemilihan lokasi ini sangat tepat mengingat hutan bakau yang dulunya asri kini tinggal batang-batang kering yang meranggas akibat serangan badai siklon seroja  bulan April tahun 2021 lalu.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari pemerintah setempat dalam hal ini kepala desa Mata Air dan pemerhati lingkungan hidup Dr. Kayak. 

" Luar biasa program bapak Kapolri kepada seluruh jajarannya hari ini, kami memberikan apresiasi kegiatan ini bisa menjaga keseimbangan ekosistem hayati di Pantai Sulamanda dan Pantai Teluk Kupang, " tegas pendamping Kelompok Cemara, salah satu kelompok masyarakat Pelestari Penyu  Kelapa Tinggi Desa Mata Air yang biasa disapa bang Kayak ini.

"Kami merasa begitu bersyukur pada lembaga Polri yang begitu peduli dengan lingkungan hidup, dan hari ini Pantai Sulamanda mendapatkan 1000 anakan Mangrove dan 100 bayi penyu, semoga alam Pantai Sulamanda semakin asri kedepannya, " terang Ely.

Seribu mangrove yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Daerah Aliran Sungai Propinsi NTT semuanya tertanam begitu rapi saat air laut mengalami pasang, sedangkan bayi Penyu yang disumbangkan oleh kelompok Cemara  Kelapa Tinggi akhirnya berenang bebas menuju lautan lepas.

Dua ratusan personil Polres Kupang yang sudah berada di Pantai Sulamadan sejak pukul 06.00 Wita dengan antusias melaksanakan kegiatan sosial demi melestarikan bumi yang kian terancam dengan aktivitas manusia yang tidak bertanggungjawab.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Kupang Kompol Yulianus Lau, para PJU Polres Kupang, Perwira dan Bintara serta  Ketua Bhayangkari Ny. Kadek Agung Wirata serta seluruh anggota Bhayangkari Cabang Kabupaten Kupang.#Ss