Upacara HUT Bhayangkara ke-78 Polres Kupang Diwarnai Jai dan Potong Tumpeng Hingga Doa Syukuran Bersama

Upacara HUT Bhayangkara ke-78 Polres Kupang  Diwarnai Jai dan Potong Tumpeng Hingga Doa Syukuran Bersama
Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H saat melakukan pemeriksaan Pasukan dalam upacara HUT Bhayangkara ke-78 di Lapangan Apel Polres Kupang
Upacara HUT Bhayangkara ke-78 Polres Kupang  Diwarnai Jai dan Potong Tumpeng Hingga Doa Syukuran Bersama
Upacara HUT Bhayangkara ke-78 Polres Kupang  Diwarnai Jai dan Potong Tumpeng Hingga Doa Syukuran Bersama
Upacara HUT Bhayangkara ke-78 Polres Kupang  Diwarnai Jai dan Potong Tumpeng Hingga Doa Syukuran Bersama
Upacara HUT Bhayangkara ke-78 Polres Kupang  Diwarnai Jai dan Potong Tumpeng Hingga Doa Syukuran Bersama

tribratanewskupang.com,---Gelaran Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-78 hari Senin tanggal 1 Juli 2024 di Polres Kupang diwarnai Jai, Potong Tumpeng hingga doa syukuran bersama yang berlangsung dilapangan Apel Polres Kupang, Jalan Timor Raya km, 25 Kelurahan Babau, Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Upacara ini dihadiri 1 SST Kodim 1604 Kupang, 1 SST Brigif 21 Komodo Kupang, 1 SST Satuan Samapta Polres Kupang, 1 SST Sat. Lantas Polres Kupang, 1 SST Gabungan Staf Polres Kupang, 1 SST Gabungan Polsek Jajaran , 1 SST Satuan Reskrim dan Satuan Narkoba Polres Kupang , 1 SST Satuan Intelkam Polres Kupang, 1 SST Dinas Perhubungan Kab. Kupang, 1 SST Satpol PP Kab. Kupang  dan 1 SST Pramuka Saka Bhayangkara serta Bhayangkari Cabang Kabupaten Kupang.

Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H  yang bertindak sebagai Inspektur upacara dalam amanatnya membacakan kembali amanat Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A  yang mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-78 dan memberikan penghargaan atas kerja keras seluruh personel Polda NTT dalam melayani masyarakat yang ada di bumi Flobamorata. “Saya pun menaruh harapan besar kepada personel Polda NTT agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan kewenangan yang sangat besar, dimana organisasi polri menembus sampai tingkat desa dan setiap hari anggota polri bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut Kapolda Daniel, mengatakan hari ulang tahun Bhayangkara ke-78 mengusung tema “Polri presisi mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju indonesia emas,” yang menggambarkan visi polri untuk berperan aktif dalam mendukung pembangunan nasional yang berorientasi pada kemajuan ekonomi keadilan sosial, dan keberlanjutan. “Perlu kita ketahui bersama, berdasarkan data dari kantor kewilayahan Bank Indonesia Provinsi NTT pada bulan Mei 2024, pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTT melambat dan masih dibawah pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga Provinsi NTT masih berada di peringkat 30 dari 34 provinsi. Sementara berdasarkan data dari Badan Statistik Provinsi NTT tahun 2021, Provinsi NTT menempati urutan ke 3 sebagai Provinsi termiskin di Indonesia.

Oleh karena itu, Polda NTT dan jajaran harus dapat secara aktif mendukung pembangunan perekonomian dengan cara bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya,” terangnya.

Menurut Kapolda NTT, Provinsi NTT memiliki alam, budaya dan pariwisata yang menjadi daya tarik untuk meningkatkan perekonomian. Untuk itu, guna mendukung perekonomian di Provinsi NTT, Polda NTT telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka hut Bhayangkara ke-78. Salah satunya disebutkan Irjen Pol. Daniel Tahi yakni kegiatan pagelaran budaya yang telah terlaksana pada tanggal 22 juni 2024 yang lalu, dengan menampilkan fashion karnaval khas NTT dan lomba fashion show tenun modifikasi. 

“Dalam kegiatan tersebut, Polda NTT juga memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk berpartisipasi. Hal ini guna mendorong para pelaku usaha UMKM sebagai episentrum UMKM global, sehingga meningkatkan daya saing pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya pada ekonomi kreatif,” pungkasnya. Selain itu Polda NTT juga mendukung proyek strategis nasional yang merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan ekonomi di berbagai wilayah indonesia, termasuk di NTT.

“Kita harus memastikan bahwa setiap proyek strategis nasional yang sedang berjalan di NTT terlindungi dari segala bentuk gangguan keamanan, sehingga dapat meningkatkan konektivitas, kesejahteraan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di provinsi NTT,” kata Irjen Pol. Daniel.

Usai menggelar upacara Kapolres Agung bersama Forkompinda Kabupaten Kupang serta seluruh peserta upacara menggelar tarian Jai Manu Koko dan Ikan Nae di Pante dilapangan apel Polres Kupang.

Selanjutnya Kapolres berama Forkopinda, tokoh agama dan tokoh masyarakat menuju lapangan  tengah Polres Kupang guna menggelar syukuran dan doa bersama. 

Salah seorang tokoh masyarakat Hengki Lay memberikan apresiasi kepada Kapolres Kupang dan jajaran yang telah melaksanakan tugas dengan baik serta mampu berkolaborasi dengan masyarakat Kabupaten Kupang.

" Saya memberikan apresiasi kepada Kapolres dan jajarannya yang telah melaksanakan tugas dengan baik selama ini serta mampu bekerja sama dengan masyaralat Kabupaten Kupang, " terangnya.#Ss