Sehari Kunjungi Sulamu Kabupaten Kupang, Kapolda NTT Gelar Bansos dan Serahkan Kunci Rumah

Sehari Kunjungi Sulamu Kabupaten Kupang, Kapolda NTT Gelar Bansos dan Serahkan Kunci Rumah

tribratanewskupang.com,---Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum dalam sehari kunjungan kerjanya ke Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang, Kamis (30/11) pagi menggelar Bantuan Sosial hingga penyerahan kunci rumah bagi warga setempat.

Kedatangan orang nomor satu di Polda NTT ini terbilang tidak mudah karena saat berlabuh di Dermaga Kampung Bahari (Kampung Nelayan) Sulamu, air laut sementara dalam keadaan surut hingga ratusan meter dari bibir pantai. Menggunakan perahu karet dan sampan nelayan, rombongan Kapolda NTT akhirnya bisa merapat dan disambut Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H dan masyarakat Kampung Nelayan Sulamu.

Dikalungi selendang Timor oleh Camat Sulamu Markus Fanggidae, S.H serta perwakilan masyarakat setempat, Kapolda NTT yang didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Johni Asadoma langsung menuju tenda yang sudah disiapkan, dimana masyarakat setempat sudah menunggu sejak pagi. 

Sejenak memberikan sambutan Irjen Pol Johni membagikan sembako kepada ratusan warga setempat. Aksi Kapolda mendapat simpati masyarakat. Melalui Imam masjid Sulamu  Haji Muhamad Badating, warga mengucapkan terimakasih atas kunjungan kerja Kapolda NTT yang walaupun hanya sejenak tapi memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat.

" Terimakasih bapa Kapolda NTT yang sudah kunjungi kami meski dalam keadaan susah payah naik perahu ke dermaga, " tuturnya.

Senada dengan Haji Badating, Camat Sulamu Markus  Fanggidae, S.H mengucapkan terimakasih atas kunjungan orang nomor dijajaran Polda NTT ini.

" Mewakili masyarakat Kelurahan Sulamu dan Kecamatan Sulamu, saya mengucapkan selamat datang kepada Bapa Kapolda dan rombongan serta terimakasih atas sembako yang dibagikan kepada ratusan warga disini, semoga kepdulian bapa Kapolda diberkati Tuhan, " terangnya

Usai menggelar bantuan sosial, Kapolda dan rombongan menuju Dusun Kukak Desa Pariti yang letaknya cukup jauh dari lokasi tersebut untuk memantau langsung proses pembangunan serta menyerahkan kunci secara simbolis kepada Ronalias Tefa yang rumahnya hangus terbakar pada tanggal 8 September 2023 lalu.

Dua puluh menit perjalan rombongan tiba dilokasi. Disana Ketua Majelis Klasis Sulamu Pendeta Yunus Kaitulang, S.Th bersama Ronalias Tefa dan isteri serta keluarganya menunggu.

Suasana haru saat Kapolda tiba, disambut secara sederhana dan ala kadarnya hingga Kapolda memasuki area rumah Ronalias Tefa. Seremoni yang dilakukan pun digelar secara seadanya, yang dimulai dengan doa oleh Pendeta Tamariska Ndaparoko, S. Th,  dilanjutkan dengan sambutan Kapolda, Penandatanganan Prasasti  hingga pengguntingan pita pintu rumah.

" Semoga rumah ini cukup untuk Keluarga Ronalias Tefa bersama istri dan anak-anaknya, " tuturnya. 

Ia pun mengharapkan agar anak-anaknya belajar kuat demi meraih masa depan yang cerah.

Saat sesi penyerahan kunci secara simbolis, Ronalias Tefa bersama isterinya tak henti-hentinya meneteskan air mata haru menyaksikan kebesaran hati Irjen Pol Johni.

Usai penyerahan kunci, Kapolda NTT didampingi Ny Vera Asadoma serta Kapolres Kupang, diperkenanakan melakukan seremoni pengguntingan pita dan penandatangan prasasti hingga memeriksa setiap sisi bangunan yang sudah dikerjakan sejak bulan September 2023 tersebut.

Sebelum berpamit pulang, Kapolda bersama rombongan berdialog dengan pwarga setempat yang turut hadir menyaksikan penyerahan kunci rumah tersebut.

" Luar biasa bapak Kapolda NTT ini, benar-benar memiliki nurani yang tak seperti pejabat lainnya. Ia begitu peduli dengan orang-orang kecil, " tutur seorang warga setempat yang namanya tidak mau disebutkan.

Hingga acara selasai kegiatan berlangsung aman dan lancar dengan dihadiri seluruh PJU Polda dan Polres Kupang serta personil Polres Kupang.#Ss