Peringati Hari Bela Negara, Kapolres Kupang Ajak Anggotanya Kobarkan Semangat Bela Negara

Peringati Hari Bela Negara, Kapolres Kupang Ajak Anggotanya Kobarkan Semangat Bela Negara

tribratanewskupang.com,---Dalam rangka memperingati hari Bela Negara ke-75 tanggal 19 Desember 2023, Kepolisian Resor Kupang menggelar upacara bertempat di Lapangan Apel Polres Kupang, Selasa (19/12) pagi. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan hari bersejarah ini adalah Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K, M.H yang diwakilkan kepada Kabagsdm Polres Kupang Kompol Huberta Ribka Hangge, S.H., M.H dan komandan upacara Ipda Ibrahim Malaikari, S. Sos serta Perwira Upacara AKP Made Kumara.

Dalam amanatnya Kompol Ribka membacakan kembali amanat Presiden Republik Indonesia Ir, Joko Widodo. 

Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, " tuturnya 

Jiwa bela negara dalam diri Polri yang dimaksudkan Kompol Ribka ini adalah adanya semangat juang anggota Polri khususnya Polres Kupang dengan  melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

Pada kesempatan berbeda Kapolres Agung menguraikan bahwa hari besar Nasional yang jatuh pada tanggal 19 Desember ini merupakan momen yang wajib dikenang dimana dalam kondisi kekosongan pemerintahan pada saat itu (Soekarno- Hatta ditangkap Belanda), Soekarno menunjuk  Menteri Kemakmuran Sjarfuddin Prawiranegara untuk membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Dengan demikian bangsa kita selamat dari agresi militer Belanda II yang ingin menguasai Yogyakarta sebagai Ibu kota pemerintahan saat itu.

Peringatan hari besar nasional yang dilaksanakan hari ini  tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 28 tahun 2006 yang memutuskan  tanggal 19 Desember ditetapkan sebagai Hari Bela Negara. 

Turut hadir dalam upacara tersebut para PJU dan Perwira serta seluruh personil Polres Kupang. #Ss