Kunker Hari Kedua Kapolda NTT, Sambangi Rumah Nono hingga Serahkan Bansos Untuk Penderita Stunting

Kunker Hari Kedua Kapolda NTT, Sambangi Rumah Nono hingga Serahkan Bansos Untuk Penderita Stunting

tribratanewskupang.com,--Kunjungan kerja Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum hari Selasa (32/1/2023) ke wilayah hukum Polres Kupang  memasuki hari kedua.

Kedatangan orang nomor satu di Polda NTT ini diawali dengan Safari Kamtibmas di SMAN 1 Kupang Timur dengan didampinigi Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H beserta PJU Polda NTT.

Menyapa dan membawa pesan Kamtibmas bagi  para siswa dan guru,  Kapolda NTT juga membagikan hadiah hiburan berupa Smartphone dan uang saku bagi para siswa yang menjawab kuis atau tantangan yang diberikan Kapolda NTT .

Dalam sambutannya ia mengajak para siswa untuk terus belajar dan berlatih demi meraih masa depannya.

" Belajar, belajar dan belajar  agar bisa berproduksi atau menjadi orang baik, " pintanya.

Setelah melaksanakan Safari Kamtibmas,  Kapolda bersama rombongan menuju Kantor Bupati Kupang.

Bersama Wakil Bupati dan segenap Forkopimda Kabupaten Kupang, Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno menyambut gembira kehadiran Kapolda Putra asli daerah NTT ini dengan bangga.

Dalam sekapur sirihnya, Bupati Masneno mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut merupakan sebagai suatu penghormatan bagi dirinya, sebab dalam sepuluh  tahun kepemimpinannya baik saat menjabat Wakil Bupati dan menjadi Bupati saat ini, baru kali ini seorang Kapolda NTT hadir di Civic Center Oelamasi.

" Sudah sepuluh tahun saya menjabat, baik saat menjabat Wakil Bupati dan menjadi Bupati, baru kali ini seorang Kapolda NTT hadir di Civic Center Oelamasi, " terangnya disambut tepuk tangan para hadirin yang terdiri dari unsur forkopinda dan para camat dan Lurah serta Kepala desa se-Kabupaten Kupang.

Selanjutnya Kapolda Johni memberikan arahan yang dimulai dari masalah Kamtibmas maupun masalah transnasional hingga program kerjanya selama menjabat sebagai Kapolda NTT.

Ia juga mendorong masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kupang untuk membangun Kabupaten Kupang jadi daerah yang maju, makmur, sejahtera, aman dan tenteram.

Dan khusus kepada Pemerintah Daerah ia berpesan agar Bupati dan seluruh jajaran jangan pernah memberikan ijin pengalihan fungsi lahan pertanian dengan alasan apapun.

Ia juga menjabarkan program yang dicanangkannya yaitu membangun kerjasama dengan semua instansi terakait  tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat di wilayah hukum Polda NTT dalam ciptakan kamtibmas sebagai prasyarat terlaksananya pembangunan daerah, menerapkan metode restorasi justice dalam penegakan hukum, membuka komunikasi terbuka antara polisi dan masyarakat.

“Kapolres dan Kapolsek harus menerima masyarakat yang datang untuk menyampaikan keluhan-keluhannya. Jika temui masalah, kendala atau apapun di lapangan tentang  siapa dan apapun yang mengganggu kamtibmas, langsung lapor saya. Saya siapkan medsos dan nomor kontak yang terbuka untuk khalayak umum,” jelas Kapolda NTT.

Ia juga menekankan hindari konflik sosial berlatar belakang SARA ataupun konflik antar kelompok tertentu.

Sementara terkait pelaksanaan Pemilu tahun depan, dirinya menginginkan agar pesta demokrasi harus dijalani dengan kegembiraan bukan dengan konflik.

Sebelum ditutup,dilakukan penyerahan plakat dari Bupati Kupang kepada Kapolda NTT dan sebaliknya, lanjut penyerahan hak atas tanah dari Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri  (GM FKPPI) kepada Kapolda NTT.

Selepas acara, rombongan Kapolda NTT menuju rumah Nono di Kelurahan Buraen Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang.

Antusiasme warga setempat juga menyemaraki kehadiran Kapolda NTT bersama rombongan. Rombongan disambut dengan tarian adat siswa SDI Buraen dan pengalungan selendang kepada Kapolda bersama ketua Bhayangkari Daerah NTT, Kapolres Kupang dan Ketua Bhayangkari Cabang Kupang Kabupaten serta wakil Bupati Kupang dan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi NTT.

Sebagai wujud kepedulian Polri terhadap master Sempoa Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay alias Nono, Kapolda NTT menghadiahkan sebuah tablet kepada Nono.

Pada kesempatan ini juga ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Johni Asadomi berkolaborasi dengan ketua Bhayangkari Cabang Kupang Kabupaten Ny Dian FX. Irwan menyumbangkan satu unit sepeda dan satu meja belajar .

Usai mengunjungi rumah Nono, rombongan Kapolda NTT menuju Polsek Amarasi guna memberikan bantuan sosial kepada penderita Stunting.

Sebanyak seratus paket diserahkan secara simbolis oleh orang nomor satu di Polda NTT ini kepada para penderita stunting yang berlangsung didepan Mako Polsek Amarasi.

Pada kesempatan ini juga Kapolda beraudiens dengan Kepala Puskesmas Oekabiti Ny. Adriana T. Betty  dan Camat Amarasi Nahor Ora terkait masalah stunting dan Kapolda NTT pun siap memberikan bantuan alat timbang bayi.

Pada kesempatan lain, Ketua Bhayangkari Daerah NTT bersama Ketua Bhayangkari Cabang Kupang Kabupaten, melakukan anjang sana ke Panti Sosial  Yayasan Advent Peduli Indonesia (YAPI) di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang membagikan sembako dan barang kebutuhan lainnya.#Ss