Kali Siumate Meluap, Pemukiman Warga Disapu Banjir Bandang

Kali Siumate Meluap, Pemukiman Warga Disapu Banjir Bandang

tribratanewskupang.com, ---Hujan dengan instensitas tinggi yang terjadi di Kecamatan Fatuleu Barat, Kabupaten Kupang dan sekitarnya sejak Rabu (28/12/2022) malam mengakibatkan air sungai Siumate meluap. 

Luapan air sungai ini diperparah dengan tersumbatnya  jembatan Kali Siumate dengan material seperti ranting-ranting pohon yang dibawa bajir dari arah pegungungan, shingga air meluber ke pemukiman warga sekitar.

Desa Naetea dan Desa Tuakau merupakan dua desa yang sangat parah kondisinya setelah terdampak luapan sungai Siumate.

Sempat terdata warga RT.07.dan RT 08. desa Naetae dan  RT.01 Rw. 01 dusun 01 Desa Tuakau  Kecamatan Fatuleu Barat kabupaten Kupang yang menjadi korban luapan sungai tersebut yang sudah mulai sakit batuk pilek dan terluka  sebanyak 15 orang dan bangunan rumah rusak sebanyak 42 kepala keluarga.

Dua ratus dua puluh jiwa terpaksa mengungsi karena rumah tempat tinggal mereka rusak diterpa banjir bandang.

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H membenarkan adanya musibah banjir bandang tersebut.

" Ya kejadiannya kemarin dan saat ini air sudah surut, namun beberapa rumah warga mengalami kerusakan, " terangnya.

" Kami bersama pemda akan mendata kembali kerugian warga yang terdampak dan akan menyalurkan bantuan seperlunya," tambahnya.

Saat ini Posko kesehatan sudah dibuka di SMPN 4 Siumate dan SD Inpres Siumate yang ditangani Dinas Kesehatan melaui Puskesmas Poto serta Gereja Efrata Siumate.

Aparat Kepolisian dari Pos Pol Barate dan TNI-AD  dari Koramil Fatuleu serta aparat pemerintah setempat hingga malam tadi terus mendata kerugian warga serta korban lainya yang mungkin terjadi akibat banjir tersebut.#Ss