Jamin Kamseltibcarlantas, Polres Kupang gelar Operasi Zebra Turangga 2022

Jamin Kamseltibcarlantas, Polres Kupang gelar Operasi Zebra Turangga 2022
Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H

tribratanews.com, ---Kepala Kepolisian Resor Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H melalui Wakapolres Kupang Kompol Andri Setiawan, S.H, S.I.K memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Turangga 2022, Senin (03/10/2022) petang.

Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan pukul 16.00 wita, yang dihadiri seluruh personil Polres Kupang, Satu SST TNI AD Koramil 1604 Kupang, Satu SST Satuan Polisi  Pamong Praja Kabupaten Kupang, Satu SST Perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, Satu SST Perwakilan Dinas Perhubungan  Kabupaten Kupang dan Satu SST Perwakilan Jasa Raharja Kabupaten Kupang. 

Dalam amanat singkatnya, Wakapolres Kupang menuturkan, Operasi zebra ini merupakan jenis operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis.

Adapun sasaran operasi tersebut lanjut Wakapolres Kupang meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19.

Kapolres Kupang mengharapkan operasi ini bisa berjalan baik demi menjamin keselamatan pengguna jalan serta mengantisispasi meningkatnya kejahatan jalanan.

"Sasaran Kita dalam operasi Zebra tahun ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lantas ”ungkapnya.

"Dengan berpedoman pada sasaran tersebut di atas, maka diharapkan operasi zebra tahun ini dapat menekan jumlah fatalitas kecelakaan lalu lintas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap " tambah Kapolres Irwan.

Dalam melaksanakan Operasi Zebra Turangga nantinya, orang nomor satu di Polres Kupang ini meminta anggota Polri dan Instansi terkait supaya tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personil khususnya pada saat melakukan penegakkan hukum terhadap pelanggar lalu lintas, dengan berpedoman pada standar operasional prosedur (sop) yang telah ditetapkan.

“Kepada anggota yang bertugas di lapangan, agar senantiasa siap sedia baik fisik maupun psikis dilandasi moral dan disiplin kerja yang tinggi serta waspada menjaga kemananan diri dalam melaksanakan tugas” terangnya.

“Hindari tindakan yang tidak perlu yang dapat merusak citra Polri dan lakukan operasi zebra ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat. Kita wujudkan kamseltibcar lantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid 19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan" tambah Kapolres Irwan..

Apel Gelar pasukan Ops Zebra 2022, ditandai dengan penyematan Pita tanda operasi kepada perwakilan dari anggota Lantas, Perwakilan TNI AD, Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang.

Giat Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2022 Polres Kupang berlangsung aman dan lancar dan berakhir pukul 17.00 Wita.#Ss