Aksi Kapolsek Semau Cegah Abrasi Dengan Menanam Ratusan Mangrove

Aksi Kapolsek Semau Cegah Abrasi Dengan Menanam Ratusan Mangrove
Aksi Kapolsek Semau Cegah Abrasi Dengan Menanam Ratusan Mangrove

Tribratanewskupang  ---  Kapolsek Semau Polres Kupang Polda NTT,  IPDA Dantje Buu, melakukan kegiatan penanaman 100 pohon mangrove di wilayah desa Otan kecamatan Semau Kabupaten Kupang kegiatan ini sebagai bentuk keperdulian Polri terhadap pelestarian lingkungan, utamanya pencegahan terhadap abrasi pantai.


 "Mangrove memiliki banyak manfaat terhadap lingkungan, salah satu untuk mencegah abrasi pantai dan menjadi daya dukung pemulihan habitat ekosistem laut,"Tutur Kapolsek 

Sebanyak 100 pohon mangrove ditanam oleh Kapolsek bersama anggota di bantu masyarakat sekitar,  dipesisir pantai wisata Otan, rabu (17/11/2021)


IPDA Dantje, mengatakan penanaman mangrove tersebut sebagai bukti keseriusan Polsek Semau dalam mengusung misi di bidang lingkungan, karena mangrove memiliki banyak manfaat. 

Manfaat mangrove, kata Kapolsek selain dapat mengatasi abrasi pantai, sekaligus menjadi tempat berlindungnya biota laut seperti ikan. Mengrove juga, memberi kontribusi besar dalam pencegahan perubahan iklim karena empat kali lebih banyak kontribusi menyerap karbon di banding hutan.


"Jika kita menanam satu hektare mangrove, sama dengan kita memelihara empat hektare hutan,"Tuturnya


Kapolsek "mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga tanaman mangrove yang baru ditanam di pesisir pantai desa Otan karena selain memiliki keunikan dan daya tarik, mangrove juga memberi banyak manfaat untuk lingkungan dan ekonomi. 


Selain menanam mangrove, jajaran Polsek Semau juga melakukan aksi bersih-bersih fasilitas umum. Salah satunya yakni di pesisir pantai Otan yang kini mulai dilirik oleh para wisatawan lokal untuk di kunjungi


"Awal kita tanam 100 pohon dari target 1000 pohon, nanti ke depan akan terus kita galakkan gotong royong dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang lebih banyak, untuk menanam mangrove dan pembersihan fasilitas umum seperti di pantai wisata Otan" katanya