63 Personil Polres Kupang, Mengikuti Ujian Bela Diri Polri

63 Personil Polres Kupang, Mengikuti Ujian Bela Diri Polri

tribratanewskupang.com, --- Sebanyak 63 (enam puluh tiga) personil Polres Kupang, mengikuti ujian beladiri Polri guna memenuhi persyaratan kenaikan pangkat periode  1 Januari 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Kupang ini berlangsung hari Selasa (23/8/2022) sore hingga malam hari, dipantau langsung oleh Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H.

Pelaksanaan ujian ini diselenggarakan langsung oleh Biro Sumber Daya Manusia  Polda NTT melalui tim penguji Paur Subbagpangkat Bagbinkar Biro SDM Polda NTT Iptu Rexsmith P.G Djara Wadu, S.H dan PS Gadik Pertama SPN Polda NTT Bripka Yaveth Ratu didampingi Kabag SDM Polres Kupang AKP HUberta Hangge, S.H, M.H.

Materi ujian beladiri Polri yang diujikan adalah Tehnik dasar beladiri  Polri meliputi jatuh ke kiri / kanan, Jatuh ke depan / belakang, rol depan jatuh kiri/kanan, pukulan dan tangkisan, tendangan dan dasar membawa tahanan. Sedangkan untuk tehnik beladiri tanpa alat meliputi ; melepas pegangan tangan, melepas pegangan bahu, melepas cekikan, melepas sekapan, menghindari pukulan, menghindari tendangan, menghindari serangan tongkat, menghindari serangan pisau, menghindari todongan  pistol ,menghindari todongan celurit. Dan materi terakhir yaitu tehnik Beladiri dengan alat melawan alat  meliputi  tongkat sebagai alat menghadapi tusukan  pisau dari depan, tongkat sebagai alat  menghadapi bacokan  celurit arah kepala, borgol sebagai alat menghadapi pukulan tongkat ke arah kepala  dan Kopelrim sebagai alat  menghadapi tikaman pisau.

Kapolres Irwan membenarkan adanya kegiatan ujian beladiri  dimaksud yang dilaksanakan di Mako Polres Kupang. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semestar untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat dan juga untuk meningkatkan skil anggota dalam melaksanakan tugas dilapangan.

" Ya, kegiatan beladiri dilaksanakan di Polres Kupang untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat, " terangnya.

Ujian ini juga sebagai momen untuk melatih skill anggota Polres Kupang dalam menjalankan tugasnya sehari-hari," tambahnya.

Adapun Personil Polres Kupang yang mengikuti ujian beladiri Polri dalam rangka UKP periode 1 Januari 2023 sebanyak 63 Personil dengan rincian ;  Pangkat Inspektur Polisi Satu ke Ajun Komisaris Polisi sebanyak empat personil, Inspektur Polisi Dua ke Inspektur Polisi satu sebanyak delapan personil, Ajun Inspektur Polisi Satu ke Inspektur Polisi Dua sebanyak satu personil, Brigadir Polisi Kepala ke Ajun Inspektur Polisi Dua sebanyak tiga puluh tujuh personil,  Brigadir Polisi ke Brigadir Polisi Kepala sebanyak delapan personil, Brigadir Polisi Satu ke Brigadir Polisi sebanyak satu personil dan Brigadir Polisi Dua ke Brigadir Polisi Satu sebanyak empat personil.

Hingga ujian selesai tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan dan semua personil Polres Kupang yang akan mengalami kenaikan pangkat semuanya mengikuti ujian hingga akhir. #Ss