Polres Kupang Bantu Evakuasi Korban Kecelakaan Kerja di PT Weltes Kupang.

Polres Kupang  Bantu Evakuasi Korban Kecelakaan Kerja di PT Weltes Kupang.
Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H

tribratanewskupang.com,-- Kepolisian Resor Kupang melalui Kepolisian Sektor Kupang Barat pada hari Senin (25/7/2022) jam 14.00 Wita menerima laporan kejadian Kecelakaan Kerja karyawan PT. Weltes atas nama Mohammad Amin yang terjatuh dari pipa Struktur Scafholding dalam pembagunan PLTU Timor I Kupang di Desa Lifuleo Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang.

Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H  menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi pada hari Senin (25/7/2022) sekitar pukul 13.30 wita pada PT. Weltes yang sedang melakukan pekerjaan pembangunan PLTU Timor I Kupang. 
“ Benar adanya kejadian tersebut di PT Weltes, personil kami sudah mendatangi tempat kejadian perkara dan sudah mengambil data-data korban, korban bernama lengkap Mohammad Amin (41 Tahun), lahir di Serang tanggal 09 Maret 1981,” terang Kapolres Irwan.


Adapun kronolgis kejadiannya bermula saat korban yang berstatus sebagai Foremen (Leader) sekitar jam 13.30 Wita hendak mengecek anggotanya yang sementara berada di atas Plafon Scafholding dengan ketinggian sekitar 13 Meter. Saat melakukan pengecekan korban memanjat melalui pipa Scafholding dan menurut keterangan beberapa saksi mata, korban tidak menggaitkan Hook Body Harnes yang dikaitkan pada pipa Scafholding tersebut dan ketika baru sampai di Struktur Scafholding korban terpeleset dan terjatuh ke tanah dari ketinggian sekitar 10 meter dalam keadaan terlentang. 
Korbanpun mengalami luka robek pada kepala bagian belakang serta mengeluarkan darah dan korban tidak sadarkan diri. Melihat kejadian tersebut saksi dan beberapa teman korban membantu dan mengevakuasi korban menggunakan mobil Pick Up menuju ke Rumah Sakit  Angkatan Laut Kupang untuk dilakukan penanganan Medis. 

Pukul 14.30 wita pihak Rumah Sakit Angkatan Laut Kupang melakukan pemeriksaan serta penanganan medis lainnya dan memberikan Pertolongan Pertama terhadap korban. Namun upaya para medis tidak bisa menyelamatkan korban dan pukul 15.05 wita, korban mengembuskan nafas terakhir dan dinyatakan meninggal dunia  oleh pihak RS Angkatan Laut Kupang.

Korban bekerja karyawan pada PT Weltes sudah sekitar 1 tahun 5 bulan dan menurut rencana jenasahnya akan dikirim ke Serang Banten.