[Hoaks] Ikan Lele Mengandung Ribuan Sel Kanker

[Hoaks] Ikan Lele Mengandung Ribuan Sel Kanker

tribratanewskupang.com,---Jakarta. Beredar sebuah informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa ikan lele sebagai ikan paling kotor. Dalam unggahan disebut bahwa sesuap daging ikan lele terkandung tiga ribu sel kanker.

Faktanya, dilansir dari rri.co.id, Kamis (24/8/23) klaim sesuap ikan lele mengandung tiga ribu sel kanker adalah tidak benar. Ikan lele rendah kolesterol dan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat melimpah. Para ahli juga percaya bahwa kedua asam lemak tersebut dapat membantu menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

Sementara itu, ahli penyakit kanker dari Perhimpunan Onkologi Indonesia, Dradjat R. Suardi, juga memberikan penjelasan. Ia menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan jika memakan ikan lele dapat memicu kanker. Ikan lele banyak dibudidayakan di kolam-kolam yang mestinya bisa dikendalikan agar bebas dari pencemaran. Pakan yang diberikan juga bisa dipilih dan tidak harus mengandalkan limbah.

Kesimpulan, informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa ikan lele sebagai ikan paling kotor adalah informasi yang salah/hoaks.#Ss

Sumber : tribratanews.polri.go.id