Kapolres Kupang Hadiri Acara Peresmian Fasilitas Solar Ice Maker di Kelurahan Sulamu, Kabupaten Kupang

Kapolres Kupang Hadiri Acara Peresmian Fasilitas Solar Ice Maker di Kelurahan Sulamu, Kabupaten Kupang

tribratanewskupang.com,--- Kepala Kepolisian Resor Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K , M.H turut hadir dalam acara Peresmian Fasilitas Solar Ice Maker di Kelurahan Sulamu Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang Senin (31//100/2022) pagi.

Mesin Pembuat Es bertenaga surya tersebut merupakan satu-satunya pabrik ramah lingkungan yang berada di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dibangun oleh PT. Bintang Samudra Cahaya Abadi dengan konsep pemanfaatan energi terbarukan yang merupakan bentuk kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Investor Eropa sebagai bentuk dukungan percepatan pembangunan daerah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 105 tahun 2021 tentang Strategi Nasioanl Percepatan Pembangunan daerah Tertinggal tahun 2020-2024 tanggal 10 Desember 2021. 

Bersama Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno, Kapolres Irwan menyaksikan secara langsung mesin pabrik pembuat es bertenaga matahari itu dengan kapasitas sehari produksi menghasilkan lima ribu kilogram balok es yang dibangun sejak tahun 2020 dan saat ini sudah bisa dioperasikan.

Pemilihan daerah Sulamu sebagai lokasi penempatan pabrik es karena Pantai Sulamu merupakan daerah penghasil ikan sekaligus pemackingan ikan sebelum dikirim keluar daerah.

Pada kesempatan terpisah Kapolres Irwan mengungkapkan kekaguman pada proyek strategis nasional ini karena menurutnya sangat membantu meningkatkan ekonomi rakyat khususnya Kabupaten Kupang.

" Memang luar biasa, keberadaan proyek ini sangat membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan perekonomiannya," pujinya.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Deputi Bidang Sumber Daya Maritim yang diwakili oleh Asisten Deputi Peningkatan Daya Saing Dedi Taliharja, Direktur Aneka Baru dan Terbarukan Adriah Veby Misna, Contri Deriktor, GIZ Indonesia Martin Hanzen, General Mengerer Airef ( Agus Santoso) Hermantin Hasten, Deputi Head Of Mission Kudutaan Besar Jerman Jakarta Thomas Graf, Asisten Deputi Bidang Kordinasi Sumberdaya Maritim yang di wakili oleh Asisten Deputi Bidang Daya Saing  Kemengko Marves Dedy Miharja, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Ikan Propinsi NTT Agustinus Bulu, Sekcam Sulamu Markus Fanggidae.SH, Kapolsek Sulamu Ipda Deflorintus M.Wee dan Ketua Klasis Sulamu Pdt.Yunus Kaitulang .M.Th. #Ss